Dejavu Penyelamatan Gemilang Ernando Ari Lawan Vietnam, Mirip di Piala Asia 2023
Ernando Ari Saat Berseragam Timnas Indonesia (pssi.org)
23:12
26 Maret 2024

Dejavu Penyelamatan Gemilang Ernando Ari Lawan Vietnam, Mirip di Piala Asia 2023

Kiper timnas Indonesia, Ernando Ari melakukan penyelamatan gemilang ketika melawan Vietnam dalam Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (26/3/2024) di Stadion My Dinh.

Timnas Indonesia berhasil meraih kemenangan telak saat bertandang melawan Vietnam. Anak asuh Shin Tae-yong menghajar tuan rumah dengan skor 3-0.

Tiga gol itu disumbangkan oleh Jay Idzes, Ragnar Oratmangoen, dan Ramadhan Sananta. Menariknya kemenangan ini juga dibarengi catatan nirbobol atau clean sheet.

Nah, performa Ernando Ari patut diberikan apresiasi. Pasalnya kiper Persebaya Surabaya ini membuat penyelamatan gemilang.

Padahal Ernando sendiri gabung mendadak ke Vietnam. Ia ditunjuk menggantikan Nadeo Argawinata yang cedera.

Sejatinya kiper berusia 22 tahun ini juga belum sembuh total dari cederanya. Namun, Shin Tae-yong tetap mengambil risiko untuk menurunkannya.

Kepercayaan Shin Tae-yong pun dibayar tuntas oleh penjaga gawang Persebaya Surabaya ini. Ernando menunjukkan performa apik dan membuat save krusial.

Salah satunya tepisannya dalam menghalau tendangan Khuat Van Khang. Ia mampu menepis bola masuk ke gawang timnas Indonesia.

Penyelematan Ernando Ari ini juga mirip seperti apa yang dilakukannya melawan Vietnam di Piala Asia 2023. Kala itu, ia juga mampu memblok bola di menit akhir laga.

Meski di akhir laga terlihat kesakitan, Ernando Ari bisa tampil sampai menit terakhir. Oleh karena itu, catatan nirbobolnya layak diapresiasi.

Sebab, di kondisinya yang kurang fit, Ernando masih bisa menjaga gawang skuad Garuda tidak kebobolan.

Adapun berkat kemenangan ini, timnas Indonesia tak tergusur di posisi kedua klasemen sementara Grup F babak kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia dengan koleksi tujuh poin.

Editor: Arif Budi

Tag:  #dejavu #penyelamatan #gemilang #ernando #lawan #vietnam #mirip #piala #asia #2023

KOMENTAR