Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia usai Gasak Vietnam
Para pemain Timnas Indonesia foto bersama sebelum bertanding melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
17:06
22 Maret 2024

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia usai Gasak Vietnam

Timnas Indonesia menjaga asa untuk lolos ke putaran ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia setelah mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0 dalam matchday ketiga Grup F, Kamis (21/3/2024) malam WIB.

Kemenangan di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta itu membuat skuad Garuda kini menduduki urutan dua klasemen dengan koleksi empat poin dari tiga pertandingan.

Secara matematis, jumlah poin yang diperoleh tim asuhan Shin Tae-yong belum aman untuk setidaknya menjaga mereka berada di posisi dua klasemen sebagai syarat melaju ke putaran ketiga.

Timnas Indonesia saat ini cuma terpaut satu poin dari Vietnam yang kini menduduki urutan ketiga dengan koleksi tiga poin dari tiga pertandingan.

Sementara dengan pemuncak klasemen Irak, Timnas Indonesia tertinggal dua poin tetapi Singa Mesopotamia baru tampil dua laga alias masih bisa memperlebar jarak.

Hitung-hitungan Timnas Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Piala Dunia 2026 zona Asia

Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Usai Mencetak Gol ke Gawang Vietnam. (pssi.org)Selebrasi Pemain Timnas Indonesia Usai Mencetak Gol ke Gawang Vietnam. (pssi.org)

Meski belum aman, kemenangan atas Vietnam dalam matchday ketiga Grup F menjadi langkah penting bagi Timnas Indonesia dalam memperbesar peluang lolos ke putaran ketiga.

Terdapat beberapa skenario yang bisa meloloskan Timnas Indonesia, dari yang sederhana hingga cukup rumit karena melibatkan hasil negara lain.

Secara sederhana, Timnas Indonesia hanya perlu menyapu bersih kemenangan dalam tiga matchday terakhir di mana mereka akan menghadapi Vietnam, Filipina dan Irak.

Dengan tambahan enam poin, Timnas Indonesia bakal mengoleksi 10 poin dari enam matchday dan posisi mereka di dua besar dipastikan tak akan mungkin tergeser oleh Vietnam dan Filipina.

Namun, melihat kekuatan Irak yang sejauh ini berada di atas skuad Garuda, skenario paling ideal bagi Timnas Indonesia adalah menang atas Vietnam dan Filipina yang akan tetap menjamin mereka berada di dua besar klasemen.

Meski demikian, andai Timnas Indonesia justru kalah saat bertandang ke markas Vietnam pada 26 Maret mendatang, skenario lebih rumit akan tercipta.

Timnas Indonesia bakal otomatis tetap lolos andai bisa mengalahkan Irak dan Filipina. Namun, jika hasilnya tumbang dari Irak dan mampu mengalahkan Filipina, kelolosan skuad Garuda akan dipengaruhi hasil tim lain dalam hal ini Vietnam.

Dengan koleksi delapan poin dari enam matchday, Timnas Indonesia akan lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia andai Vietnam kalah dari Irak di matchday terakhir.

Peluang Vietnam takluk dari Irak cukup besar. Setelah kalah 0-1 di kandang sendiri, Vietnam sepertinya bakal sulit untuk bisa mengalahkan Singa Mesopotamia di kandangnya sendiri.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #hitung #hitungan #timnas #indonesia #lolos #putaran #ketiga #kualifikasi #piala #dunia #usai #gasak #vietnam

KOMENTAR