Timnas Indonesia Dipenuhi 'Raksasa', Set-piece memang Jadi Ancaman Nyata buat Lawan
Pemain Timnas Indonesia foto bersama sebelum laga melawan Vietnam pada matchday ketiga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (21/3/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
22:24
21 Maret 2024

Timnas Indonesia Dipenuhi 'Raksasa', Set-piece memang Jadi Ancaman Nyata buat Lawan

Timnas Indonesia sementara unggul 1-0 atas tamunya, Vietnam pada laga matchday 3 Grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia putaran kedua. Seperti yang sudah sering terjadi sebelumnya. tim Garuda unggul berkat set-piece yang diawali lemparan panjang Pratama Arhan.

Dua pemain pengganti, Pratama Arhan dan Egy Maulana Vikri berkombinasi yang berbuah gol pembuka Timnas Indonesia atas Vietnam pada laga di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Lemparan panjang Arhan pada menit ke-52 menimbulkan kepanikan di jantung pertahanan Vietnam. Pemain Vietnam tak sempurna melakukan clearance, yang membuat Egy dengan mudah mencocor bola ke gawang untuk jadi gol.

Gol ini sendiri semakin membuktikan Timnas Indonesia sebagai tim yang jago set-piece. Ini jadi kelebihan utama skuad Garuda dalam menjebol gawang lawan.

Dengan banyaknya pemain dengan postur tinggi menjulang, set-piece macam tendangan penjuru ataupun lemparan ke dalam dari Arhan ini memang sudah selayaknya dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh Shin Tae-yong.

Di Piala Asia 2023 Qatar yang digelar awal tahun ini, Timnas Indonesia merupakan wakil Asia Tenggara dengan rata-rata tinggi pemain paling tinggi, melewati Malaysia, Thailand, dengan Vietnam ada pada peringkat 24 alias peringkat terakhir daftar rataan tinggi pemain.

Timnas Indonesia kini punya pemain-pemain macam Elkan Baggott dengan tinggi badan menjulang 196 cm, serta nama-nama yang main di laga Timnas Indonesia vs Vietnam malam ini macam Ivar Jenner (188 cm), Justin Hubner (187 cm), Rafael Struick (187 cm), hingga pemain naturalisasi terbaru Jay Idzes (191 cm).

Editor: Rully Fauzi

Tag:  #timnas #indonesia #dipenuhi #raksasa #piece #memang #jadi #ancaman #nyata #buat #lawan

KOMENTAR