Ranking FIFA Terbaru Timnas Indonesia jika Berhasil Kalahkan Vietnam di SUGBK
Gelandang timnas Indonesia #07 Marselino Ferdinan berebut bola dengan gelandang Vietnam #19 Nguyen Quang Hai pada pertandingan kedua Grup D Piala Asia 2023 antara Vietnam vs timnas Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa di Doha pada 19 Januari 2024. KARIM JAAFAR / AFP.
13:42
21 Maret 2024

Ranking FIFA Terbaru Timnas Indonesia jika Berhasil Kalahkan Vietnam di SUGBK

Menghitung poin yang akan didapatkan Timnas Indonesia jika berhasil mengalahkan Vietnam. Akankah ranking FIFA skuad Garuda akan naik?

Timnas Indonesia akan menjamu Vietnam dalam Matchday ke-3 grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK) Kamis (21/3) pukul 20.30 WIB.

Jelang duel ini, kedua tim sudah melakukan persiapan matang dengan memanggil para pemain terbaiknya dan melakukan pemusatan latihan secara intens.

Bukan tanpa alasan jika Indonesia dan Vietnam menatap serius laga ini. Pasalnya, kedua tim tengah berjuang memperebutkan satu tiket lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

Saat ini, Indonesia tengah duduk di peringkat keempat dengan raihan satu poin, sedangkan Vietnam duduk di peringkat kedua dengan raihan tiga poin.

Dengan empat pertandingan tersisa di grup F, Indonesia dan Vietnam sama-sama masih punya peluang untuk merebut tiket ke putaran ketiga.

Bagi Indonesia, langkah pertama yang harus dilakukan untuk membuka asa lolos ke putaran ketiga adalah dengan mengalahkan Vietnam di Matchday ke-3 grup F ini.

Kemenangan di laga nanti akan membawa Indonesia duduk di peringkat kedua klasemen sementara dengan raihan empat poin.

Di sisi lain, kemenangan atas Vietnam di laga nanti juga akan memberi dampak penting bagi Indonesia, yakni poin dan ranking FIFA.

Kira-kira, berapa poin yang akan didapatkan Indonesia jika berhasil mengalahkan Vietnam? Apakah ranking skuad Garuda juga akan naik?

Hitung-hitungan Poin Indonesia

Sebagai informasi, pertandingan di Kualifikasi Piala Dunia memiliki bobot poin yang lebih besar ketimbang laga-laga di FIFA Matchday lainnya, yakni maksimal 25 poin.

Mengingat Vietnam punya ranking lebih tinggi dari Indonesia, maka kemenangan di laga nanti akan membuat skuad Garuda memanen poin masif.

Saat ini, Vietnam duduk di peringkat 105 dengan 1194,58 poin. Lalu Indonesia sendiri berada di peringkat 142 dengan 1072,66 poin.

Jika berhasil mengalahkan Vietnam pada Matchday ke-3 grup F Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia, maka Indonesia pun akan mendapatkan tambahan 15,37 poin.

Tambahan poin tersebut pun akan membuat Indonesia mengantongi 1088,03 poin dan mengatrol ranking skuad Garuda di ranking FIFA.

Dengan 1088,03 poin tersebut, ranking Indonesia pun otomatis naik ke peringkat 138, atau naik empat tingkat dari posisi saat ini.

Lantas bagaimana jika Indonesia imbang? Jika imbang dari Vietnam, skuad Garuda tetap mendapat tambahan poin.

Hanya saja, tambahan poin yang didapatkan amat minim, yakni 2,87 poin saja. Raihan poin ini tak akan membawa Indonesia naik peringkat.

Kemudian jika Indonesia kalah dari Vietnam, tim Merah Putih akan kehilangan 9,63 poin dan harus menerima posisinya turun drastis di ranking FIFA.

Alhasil, Indonesia pun diharuskan meraih kemenangan atas Vietnam di SUGBK nanti. Selain untuk membuka asa lolos ke putaran ketiga, kemenangan juga akan memberi dampak penting pada posisinya di ranking FIFA.

Kontributor: Felix Indrajaya

Editor: Irwan Febri

Tag:  #ranking #fifa #terbaru #timnas #indonesia #jika #berhasil #kalahkan #vietnam #sugbk

KOMENTAR