Resmi WNI, Nathan Tjoe-A-On Belum Pasti Bela Timnas Indonesia Lawan Vietnam, Kenapa?
Nathan Tjoe A-On (Situs Excelsior Rotterdam)
13:06
12 Maret 2024

Resmi WNI, Nathan Tjoe-A-On Belum Pasti Bela Timnas Indonesia Lawan Vietnam, Kenapa?

Bek sayap kiri Swansea City yang tengah dipinjamkan ke SC Heerenveen, Nathan Tjoe-A-On sudah resmi menjadi warga negara Indonesia (WNI). Namun, dirinya belum tentu bisa tampil membela Timnas Indonesia saat menghadapi Vietnam pada Maret ini.

Timnas Indonesia dijadwalkan menghadapi Vietnam secara back-to-back dalam lanjutan Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada 21 dan 26 Maret mendatang.

Nathan Tjoe-A-On diketahui telah merampungkan proses naturalisasi setelah menjalani sumpah WNI pada Senin (11/3/2024) malam WIB.

Proses pengambilan sumpah pemain berusia 22 tahun itu telah beredar di media sosial di mana sang pemain mengenakan setelan khas para pesepak bola yang akan dinaturalisasi yakni peci, jas dan celana hitam serta dasi merah.

Sejatinya, pengambilan sumpah Nathan sudah dilakukan pada Desember 2023 lalu bersamaan dengan Jay Idzes. Namun, sang pemain baru mendapat izin dari klubnya belum lama ini.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kanwil Kemenkumham) DKI Jakarta, Ibnu Chuldun mengonfirmasi Nathan sudah melakukan pengambilan sumpah WNI.

Pamerkan Kedekatan dengan Jokowi dan Erick Thohir, Nathan Tjoe-A-On Bersedia untuk Dinaturalisasi? (Instagram/nathantjoeaon)Pamerkan Kedekatan dengan Jokowi dan Erick Thohir, Nathan Tjoe-A-On Bersedia untuk Dinaturalisasi? (Instagram/nathantjoeaon)

"Hanya Nathan saja," kata Ibnu saat dihubungi awak media, Selasa (12/3/2024).

Meski telah resmi dinaturalisasi dan mendapatkan kartu tanda penduduk (KTP) dan paspor Indonesia, Nathan belum tentu bisa tampil bersama Timnas Indonesia dalam waktu dekat.

Pasanya, sang pemain harus merampungkan perubahan asosiasi terlebih dahulu dari KNVB (Belanda) ke PSSI di mana prosesnya membutuhkan persetujuan Federasi Asosiasi Sepak Bola Internasional (FIFA).

Merujuk pernyataan Ketua Badan Tim Nasional (BTN) Sumardji, pendaftaran pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bakal ditutup pada 13 Maret.

Andai PSSI mampu merampungkan proses perubahan asosiasi dengan cepat, bukan tidak mungkin Nathan Tjoe-A-On bisa menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada Maret ini.

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #resmi #nathan #tjoe #belum #pasti #bela #timnas #indonesia #lawan #vietnam #kenapa

KOMENTAR