Thomas Doll Tabuh Genderang Perang ke Shin Tae-yong Soal Pemanggilan Pemain ke Timnas, Riekerink Angkat Bicara
Ilustrasi Pelatih Persija Thomas Doll dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [Suara.com]
07:24
17 Februari 2024

Thomas Doll Tabuh Genderang Perang ke Shin Tae-yong Soal Pemanggilan Pemain ke Timnas, Riekerink Angkat Bicara

Pelatih Dewa United Jan Olde Riekerink berharap PSSI dan klub-klub peserta BRI Liga 1 menemukan solusi perihal pemanggilan pemain ke Timnas Indonesia.

PSSI dan beberapa klub sempat bersitegang akibat klub tidak mau melepas para pemainnya untuk membela timnas. Argumen dari pihak klub adalah karena kompetisi yang diikuti oleh timnas Indonesia saat itu, yakni Piala AFF U-23, tidak termasuk agenda FIFA.

Pada Kamis (15/2/2024), pelatih Persija Jakarta Thomas Doll kembali menabuh genderang perang. Ia menyuarakan keberatannya jika pemainnya dipanggil Shin Tae-yong untuk membela Timnas Indonesia di ajang Piala Asia U-23.

Ilustrasi Pelatih Persija Thomas Doll dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [Suara.com]Ilustrasi Pelatih Persija Thomas Doll dan Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. [Suara.com]

Pelatih asal Jerman itu berargumen saat Piala Asia U-23 2024 dimulai, Persija masih mengarungi kompetisi Liga 1. Dengan kata lain, Doll membutuhkan semua pemainnya.

"Menurut saya isu ini bukan hanya masalah Dewa, Persija, atau apa," kata Riekerink saat ditemui seusai memimpin tim memainkan pertandingan ujicoba melawan Suwon FC di Dewa United Arena, Kabupaten Tangerang, Jumat (16/2/2024).

"Federasi (PSSI) dan klub harus bekerja sama untuk menemukan bagaimana cara terbaik untuk mengembangkan talenta-talenta. Kita harus berkomunikasi,” jelasnya seperti dimuat ANTARA.

“Jika kami berkomunikasi, dan kami mencapai kesepakatan, dan kami berbicara mengenai bagaimana perkembangannya, menurut saya itu akan bagus untuk para pemain,” tambahnya.

“Jadi menurut saya bukan para pelatih yang harus mengeluarkan pernyataan itu, namun klub dan federasi harus mencari tahu apa yang terbaik untuk para pemain muda.”

Saat ini, pemain berlabel timnas di Dewa United adalah Egy Maulana Vikri. Namun Egy sebentar lagi akan berusia 24 tahun, sehingga tidak lagi berpeluang membela timnas kelompok umur.

Piala Asia U-23 akan dimulai pada 15 April dan berakhir pada 3 Mei mendatang. Pada periode tersebut, musim reguler Liga 1 2023/2024 sedang memasuki babak akhir dan semua tim akan memerlukan skuad terbaiknya.

Editor: Syaiful Rachman

Tag:  #thomas #doll #tabuh #genderang #perang #shin #yong #soal #pemanggilan #pemain #timnas #riekerink #angkat #bicara

KOMENTAR