Balapan MotoGP Australia Terpaksa Dihentikan Gara-gara Sekawanan Angsa Mendarat di Tengah Trek
Angsa mengganggu pebalap MotoGP di sirkuit Phillip Island Australia 
13:20
18 Oktober 2024

Balapan MotoGP Australia Terpaksa Dihentikan Gara-gara Sekawanan Angsa Mendarat di Tengah Trek

Balapan MotoGP di Sirkuit Phillip Island Australia sempat terganggu pada Jumat (18/10/2024) pagi ini.

Hla itu terjadi ketika sekumpulan angsa Australia terbang dan mendarat tepat di tengah-tengah lintasan sirkuit/

Bendera merah dikibarkan tanda balapan untuk sementara terpaksa dihentikan.

Kejadian itu tepat pada sesi latihan kelas Moto2.

Angsa itu memang banyak di lokasi sirkuit yang dekat dengan pantai.

Angsa itu kerap terbang bergerombol dan mendarat sesuka hati termasuk di tengah-tengah lintasan sirkuit.

Angsa yang masuk mendarat di trek sirkuit adalah jenis Cape Barren Goose, dengan ukuran yang cukup jumbo.


Marc Marquez Juga Diganggu Angsa

Marc Marquez mencatat waktu tercepat pada hari pembukaan latihan bebas pertama MotoGP yang kacau.

Di tengah cuaca buruk dan kehadiran satwa liar menyebabkan banyak gangguan pada hari pertama balapan di Phillip Island itu.

Juara dunia MotoGP enam kali dan pemenang GP Australia tiga kali Marc Marquez memanfaatkan kondisi lintasan yang sulit di bawah langit yang gelap untuk mencetak waktu putaran terbaik sesi tersebut yaitu 1 menit 27,770 detik.

Dia mengungguli rekan setim Gresini Ducati sekaligus adiknya, Alex Marquez, dengan selisih 0,102 detik.

Sementara pembalap Ducati ketiga, Marco Bezzecchi dari Italia, tertinggal delapan ratus detik lebih jauh.

Pimpinan klasemen Jorge Martin (keempat) dan juara dunia bertahan Francesco Bagnaia (kelima) melengkapi lima besar Ducati.

Pmbalap Spanyol itu unggul 0,046 detik dari pembalap Italia itu saat ia berupaya melindungi keunggulan 10 poin kejuaraannya.

Pembalap Australia Jack Miller harus membayar harga akibat jatuh di menit-menit terakhir saat mengendarai KTM-nya.

Pembalap Australia itu tersingkir dari 10 besar dan gagal masuk langsung pada sesi Q2 hari Sabtu setelah mengalami kecelakaan di tikungan keenam pada putaran terakhirnya, yang membuat pembalap KTM itu berada di posisi ke-12, 0,041 detik di luar 10 besar setelah memimpin sesi di pertengahan jalan.

Di bawah langit yang mengancam dan menyusul sesi latihan bebas pertama yang dibatalkan pada Jumat pagi karena hujan mengguyur sirkuit tepi pantai, Marquez menunjukkan kehebatannya di Phillip Island dan penguasaan terhadap kondisi campuran untuk memimpin selama sebagian besar jam.

Kemudian balapan  terhenti selama tiga menit ketika seekor angsa melintasi lintasan di tikungan 10, yang menyebabkan bendera merah.

Satwa liar setempat, yang sebelumnya melihat sesi latihan Moto2 dikibarkan bendera merah, muncul lagi di saat-saat terakhir ketika seekor kelinci berlari menyeberangi lintasan di depan Ducati milik Martin, dan pembalap Spanyol itu terpaksa melepaskan gas untuk menghindar.

Martin, yang tengah mengincar kemenangan perdananya di Phillip Island dalam kategori kejuaraan dunia mana pun, mengalami kecelakaan pada putaran terbang pertamanya di sesi tersebut di tikungan keempat, tetapi mampu melanjutkan balapan.

Sementara Miller mengalami kecelakaan dalam kecepatan rendah di tikungan yang sama yang dinamai menurut namanya dua tahun lalu, menghantam rumput yang basah karena hujan pagi dan terpeleset saat ia melebar untuk menghindari Yamaha milik Alex Rins.

Miller duduk di posisi ketiga dalam 10 menit terakhir sesi, tetapi merosot kembali ke tepi 10 besar saat Marquez melesat dalam putaran puncak sesinya dengan tujuh menit tersisa.

Bagnaia menyelamatkan sesi yang penuh kehati-hatian dengan putaran terbaiknya saat tersisa tiga menit, sementara kecelakaan di menit-menit terakhir yang melibatkan peraih pole position Grand Prix Jepang Pedro Acosta (GasGas) dan Miller membuat kedua pembalap berada di luar 10 besar.

Alex Marquez melengkapi quinella keluarga tersebut dengan putaran terbaiknya terjadi setelah bendera kotak-kotak dikibarkan.

 

Editor: Hasanudin Aco

Tag:  #balapan #motogp #australia #terpaksa #dihentikan #gara #gara #sekawanan #angsa #mendarat #tengah #trek

KOMENTAR