Profil Yuki Richard Stalph, Pelatih Thailand U-20 yang Rekomendasikan PSSI Naturalisasi Ryu Nugraha
Pelatih Timnas Thailand U-20, Yuki Richard Stalph saat ditemui di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. (Suara.com / Adie Prasetyo Nugraha)
14:24
14 Februari 2024

Profil Yuki Richard Stalph, Pelatih Thailand U-20 yang Rekomendasikan PSSI Naturalisasi Ryu Nugraha

Siapa Yuki Richard Stalph yang menyarankan PSSI untuk menaturalisasi kiper Jepang berdarah Indonesia yang bermain di Liga Jepang, Ryu Nugraha.

Yuki Richard yang juga punya darah Jerman-Jepang ini merupakan mantan pelatih Ryu Nugraha di AC Nagano Parceiro yang bermain di J3 League.

Rekomendasi Richard ini diberikan saat ia berada di Jakarta untuk mendampingi tim yang dilatihnya, Thailand U-20 saat beruji coba melawan Timnas Indonesia U-20 pada Jumat (26/1/2024).

Menurut Yuki Richard kualitas Ryu Nugraha cukup mumpuni untuk membela Timnas Indonesia. Terlebih, saat ini PSSI memang gencar melakukan proses naturalisasi.

Bagaimana Yuki Richard bisa merekomendasikan kualitas Ryu Nugraha tidak terlepas dari kerja sama mereka saat di AC Nagano Parceiro.

Lantas, seperti apa sepak terjang dari Yuki Richard?

Profil Yuki Richard Stalph

Yuki Richard Stalph merupakan pelatih berdarah Jerman-Jepang yang lahir di Bochum pada 4 Agustus 1984. Ia punya darah Jepang dari Ibunya.

Dua tahun setelah lahir keluarganya pindah ke Jepang dan ia sempat merasakan masuk akademi YSCC Yokohama. Ia lalu pindah ke Swiss pada 2003 untuk memulai karier sepak bolanya lebih serius.

Ia sempat berada di akademi FC Zurich dan memulai karier profesionalnya di Jerman bersama SF Brohltal Burgbrohl. Sayangnya, sepanjang karier menjadi pemain Yuki Richard cuma bermain di negara-negara tidak terkenal sepakbolanya.

Ia pernah bermain di Singapura bersama Balestier Khalsa FC, di Amerika Serikat bersama Harrisburg City Islanders, di Papua Nugini bersama Hekari United FC, dan memutuskan pensiun usai membela klub Jerman, SC Idar-Oberstein.

Setelah pensiun, ia memulai karier sebagai pelatih pada 2019 dengan menukangi YSCC Yokohama. Tiga musim di sana, ia pindah ke AC Nagano Parceiro.

Pada Desember 2023, Yuki Richard Stalph kemudian ditunjuk oleh Federasi Sepak Bola Thailand (FAT) menjadi pelatih Thailand U-20 sekaligus ditunjuk menjadi pelatih Buriram United B.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Irwan Febri

Tag:  #profil #yuki #richard #stalph #pelatih #thailand #yang #rekomendasikan #pssi #naturalisasi #nugraha

KOMENTAR