Vietnam Tak Usah Ge-er, Ini Alasan Jepang Waspadai Golden Star Warriors di Piala Asia 2023
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu bereaksi setelah kalah dalam pertandingan sepak bola babak 16 besar Piala Dunia 2022 antara Jepang dan Kroasia di Stadion Al-Janoub di Al-Wakrah, selatan Doha, Qatar, Senin (5/12/2022). [Anne-Christine POUJOULAT / AFP]
22:18
5 Januari 2024

Vietnam Tak Usah Ge-er, Ini Alasan Jepang Waspadai Golden Star Warriors di Piala Asia 2023

Pelatih timnas Jepang, Hajime Moriyasu menyebut sangat mewaspadai Vietnam jelang kedua tim bentrok di Piala Asia 2023. Hal itu bukan karena aspek kekuatan lawan, tetapi fakta bahwa pertandingan tersebut adalah laga pertama di Piala Asia 2023.

Jepang akan mengawali matchday pertama Grup D Piala Asia 2023 menghadapi Vietnam. Pertandingan dijadwalkan berlangsung pada Minggu (14/1/2024) mendatang.

Dikutip dari media Irak Winwin, Moriyasu menegaskan bahwa dirinya selalu waspada setiap memimpin timnya melalui laga pertama sebuah turnamen.

Karenanya, saat menghadapi Vietnam nanti, Moriyasu mewanti-wanti anak asuhnya untuk tampil hati-hati dan waspada demi meraih hasil positif.

"Saya termasuk orang yang tidak suka dengan pertandingan pertama, karena itu kami akan memainkan laga tersebut dengan sangat hati-hati dan kami bakal mengerahkan kemampuan terbaik agar terhindar dari kejutan," kata Moriyasu.

Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)Starting line-up timnas Jepang saat melawan Suriah pada 21 November 2023 lalu. Artikel ini sajikan Profil Tim Piala Asia 2023: Jepang, Misi Samurai Biru Mengembalikan Reputasi (X atau Twitter/@jfa_samuraiblue)

Jepang, yang menatap Piala Asia 2023 sebagai tim Asia terbaik di ranking FIFA dengan menduduki urutan 17 dunia, tergabung di Grup D bersama Timnas Indonesia, Irak dan Vietnam.

Selepas menghadapi Vietnam, tim berjuluk Samurai Biru dijadwalkan untuk menghadapi Irak sebelum menutup fase grup dengan melawan Timnas Indonesia asuhan Shin Tae-yong.

"Menghadapi Irak akan sangat sulit, tapi kami akan berusaha mengincar kemenangan seperti biasanya," ucap Moriyasu.

"Kami percaya pertandingan ini akan menentukan untuk lolos ke babak berikutnya."

Moriyasu menegaskan Jepang ingin memberikan suguhan terbaik kepada fans. Tujuan mereka bukan sekedar lolos dari fase grup tetapi menjadi juara untuk meraih trofi kelima di Piala Asia 2023.

"Kami memastikan kepada suporter untuk bertanding dengan baik dan melaju sejauh mungkin di turnamen ini," kata Moriyasu.

"Kami berharap bisa mengangkat trofi di Stadion Lusail pada 10 Februari mendatang dan membuat rakyat Jepang bangga," tambahnya.

Piala Asia 2023 akan berlangsung di Qatar. Turnamen akabar yang diikuti 24 negara Asia ini dijadwalkan bergulir pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024.

Tag:  #vietnam #usah #alasan #jepang #waspadai #golden #star #warriors #piala #asia #2023

KOMENTAR