Terkuak Alasan Mengapa Jay Idzes Gantikan Asnawi Mangkualam Sebagai Kapten Timnas Indonesia
Jay Idzes kini jadi kapten timnas Indonesia. (Instagram/@jayidzes)
16:12
7 Oktober 2024

Terkuak Alasan Mengapa Jay Idzes Gantikan Asnawi Mangkualam Sebagai Kapten Timnas Indonesia

Ketua Badan Tim Nasional (BTN), Sumardji membagikan alasan mengapa Jay Idzes menggantikan posisi Asnawi Mangkualam sebagai kapten timnas Indonesia.

Sebelumnya Asnawi Mangkualam merupakan pemain yang ditunjuk sebagai kapten timnas Indonesia oleh Shin Tae-yong. Namun, kini ada perubahan.

Jay Idzes kini dipercaya sebagai pengemban ban kapten skuad Garuda. Ia menggantikan posisi Asnawi sejak awal putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Arab Saudi.

Sempat menjadi pertanyaan mengapa posisi kapten timnas Indonesia digantikan, Sumardji akhirya memberikan penjelasan.

Baca Juga: Pelatih Bahrain Sadar Skuad Baru Timnas Indonesia Bahaya: Punya Serangan Balik Mengerikan

Menurutnya bek Venezia ini punya kewibawaan tinggi dari pemain skuad Garuda lain. Pemain 24 tahun ini juga punya rasa tanggung jawab besar.

"Jadi Jay (Idzes) itu ketika dikasih tugas tanggung jawab dia benar-benar totalitas menjalankan itu. Contoh dia telat, mungkin satu menit, telat makan karena lift problem," beber Sumardji di Youtube Nusantara TV.

" Apa yang dia lakukan ini jadi contoh buat pemain kita. Selesai makan langsung clasroom, meeting tim. Dia (Jay) langsung berdiri di depan. Dia minta maaf kenapa tadi telat. Itu disampaikan semua ke anak-anak semua," imbuhnya.

Selain itu, Jay Idzes merupakan pemain yang tak pelit ilmu. Ia selalu mengajari semua pemain timnas Indonesia agar lebih baik.

"Anaknya bisa jadi contoh dan ngajari, jadi mentor. Leadershipnya sangat oke. Bukan ngajari pemain yang di liga kita saja, tapi semua teman-teman," sambung Sumardji.

Baca Juga: Alhamdulilah! Pemain Keturunan Jawa Tengah Positif Bela Timnas Indonesia, Bertemu STY di Bahrain

Adapun sebelumnya Jay Idzes menegaskan dirinya sangat bangga mendapatkan kepercayaan menjadi kapten di skuad Garuda.

"Saya sangat bangga dan bersyukur bahwa saya memiliki kesempatan untuk mengenakan ban kapten (Timnas Indonesia)," tegas Idzes.

Editor: Arif Budi

Tag:  #terkuak #alasan #mengapa #idzes #gantikan #asnawi #mangkualam #sebagai #kapten #timnas #indonesia

KOMENTAR