Adu Statistik Maarten Paes vs Filip Nguyen, Calon Kiper Timnas Indonesia dengan Pemain Naturalisasi Vietnam
Maarten Paes vs Filip Nguyen. (Instagram/maartenpaes/filipnguyen)
19:36
9 Januari 2024

Adu Statistik Maarten Paes vs Filip Nguyen, Calon Kiper Timnas Indonesia dengan Pemain Naturalisasi Vietnam

Maarten Paes bakal segera menambah daftar kiper keturunan yang dinaturalisasi di Asia Tenggara setelah Filip Nguyen dinaturalisasi Timnas Vietnam.

Timnas Indonesia sebentar lagi bakal mendapatkan amunisi tambahan berupa kiper naturalisasi setelah Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, berjumpa dengan Maarten Paes pada Senin (8/1/2023) di Jakarta.

Erick Thohir menjelaskan, pertemuannya dengan Maarten Paes tak terlepas dari proses naturalisasi yang akan dilakukan terhadap pemain kelahiran Belanda itu untuk menambah kekuatan Timnas Indonesia.

"Setelah tiba di Jakarta kemarin, Maarten Paes segera memulai proses naturalisasi," kata Erick Thohir dalam pernyataan yang diambil dari akun Instagram resminya pada Senin (8/1/2024).

Jika nantinya telah resmi menjadi kiper Timnas Indonesia, Maarten Paes bakal menghadapi persaingan dengan kiper naturalisasi Timnas Vietnam, Filip Nguyen, terutama jika mempertimbangkan statistiknya.

Kedua penjaga gawang ini sama-sama punya pengalaman bermain di klub Eropa, kendati saat ini sama-sama bermain di benua biru.

Filip Nguyen baru saja pindah ke klub Vietnam, Cong An Hanoi FC, dari klub liga kasta teratas Republik Ceko, Slovacko FC, pada Juli 2023.

Sementara Maarten Paes bergabung dengan FC Dallas di MLS pada Januari 2022 dari klub Eredivisie Belanda, FC Utrecht.

Dari segi statistik, kedua pemain sama-sama menunjukkan kualitas yang mumpuni.

Untuk Filip Nguyen, misalnya, ia total mencatatkan 17 clean sheet dan kebobolan 69 gol dari 56 pertandingan yang dilakoni sepanjang musim 2022/23.

Perlu dicatat, Filip Nguyen mencatatkan penampilan di dua klub berbeda musim lalu yaitu FC Slovacko di Liga Rep. Coko dan Cong An Hanoi FC di Liga Vietnam.

Jadi, 56 pertandingan yang dilakoni itu merupakan gabungan dari berbagai kompetisi termasuk laga Liga Konferensi Eropa dan Kualifikasi Liga Europa.

Sementara Maarten Paes baru saja menyelesaikan MLS 2023 bersama FC Dallas pada Oktober lalu. Ia tampil 36 pertandingan di semua ajang musim lalu.

Dari catatan penampilan itu, kiper berusia 25 tahun tersebut menorehkan 9 kali clean sheet dan kebobolan 38 kali.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arif Budi

Tag:  #statistik #maarten #paes #filip #nguyen #calon #kiper #timnas #indonesia #dengan #pemain #naturalisasi #vietnam

KOMENTAR