Timnas Malaysia Ungkit Kehebatan Wonderkid Lokal, Sindir PSSI Soal Hobi Naturalisasi?
Wonderkid Timnas Malaysia, Arif Aiman yang dianggap FAM punya kemampuan setara dengan pemain asing. [Dok. X/FAM_Malaysia]
06:19
6 Oktober 2024

Timnas Malaysia Ungkit Kehebatan Wonderkid Lokal, Sindir PSSI Soal Hobi Naturalisasi?

Wakil Presiden Federasi Sepak Bola Malaysia (FAM), Datuk Mohd Yusoff Mahadi membanggakan kehebatan Arif Aiman, wonderkid produk dari kompetisi domestik mereka, Liga Super Malaysia.

Menurutnya, andai Timnas Malaysia bisa memiliki 11 pemain setara Arif Aiman, wacana menaturalisasi pemain tidaklah diperlukan.

"Program pengembangan harus berjalan agar pemain tahu target level yang harus dicapai, seperti Arif Aiman," ujar Yusoff Mahadi, dikutip dari Harian Metro, Sabtu (5/10/2024).

Arif Aiman, pemain penting Timnas Malaysia, telah menjadi andalan skuad Harimau Malaya pada usia 22 tahun dengan 23 caps.

Baca Juga: Ole Romeny Masih Terbuka, 8 Pemain Keturunan Punya Kans Paling Tinggi Dinaturalisasi Setelah Mees Hilgers

Bermain untuk klub papan atas Liga Super Malaysia, Johor Darul Tazim (JDT), Arif Aiman mencetak 12 gol dan 13 assist dari 24 laga di musim 2023/2024, dan melanjutkan performa apik musim ini dengan tiga gol dan tujuh assist dari delapan laga.

Wakil Presiden FAM, Yusoff Mahadi, menyatakan jika Malaysia memiliki 11 pemain setara Arif Aiman, naturalisasi tak diperlukan.

"Arif Aiman sudah menunjukkan level yang sama dengan pemain asing. Misalnya kita punya 11 Arif Aiman, tentu kita tidak membutuhkan lagi pemain naturalisasi," tegas Yusoff Mahadi.

Wonderkid Timnas Malaysia, Arif Aiman jadi kapten Johor Darul Tazim menggantikan bek veteran Timnas Indonesia, Jordi Amat. [AFP]Wonderkid Timnas Malaysia, Arif Aiman jadi kapten Johor Darul Tazim menggantikan bek veteran Timnas Indonesia, Jordi Amat. [AFP]

Dia pun menekankan pentingnya kompetisi untuk menghasilkan pemain berkualitas.

Pernyataan Yusoff Mahadi memang tidak menyinggung sama sekali perihal proyek naturalisasi yang begitu masif dilakukan PSSI belakangan ini.

Baca Juga: Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Batal Bela Timnas Indonesia karena Laporan 'PSSInya' China?

Namun, pernyataan itu menekankan perbedaan pandangan antara FAM dan PSSI perihal cara memperkuat tim nasional.

PSSI diketahui telah menaturalisasi 16 pemain di era kepelatihan Shin Tae-yong. Jumlah itu masih bisa terus bertambah mengingat rumor yang menyebut beberapa pemain keturunan lain tengah diincar federasi sepak bola nasional itu.

Di media sosial X, sempat muncul perdebatan perihal langkah PSSI ini. Banyak yang memberikan kritik bahwa federasi yang diketuai Erick Thohir juga harus serius membenahi liga dan pembinaan.

Kontributor : Imadudin Robani Adam

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #timnas #malaysia #ungkit #kehebatan #wonderkid #lokal #sindir #pssi #soal #hobi #naturalisasi

KOMENTAR