2 Pemain Abroad yang Bikin Shin Tae-yong Dianggap Pilih Kasih, Masih Pantas Bela Timnas Indonesia?
Momen Marselino Ferdinan tunjukkan gesture menolak saat dipasrahi ban kapten oleh Pratama Arhan. [official RCTI/YouTube]
19:18
5 Oktober 2024

2 Pemain Abroad yang Bikin Shin Tae-yong Dianggap Pilih Kasih, Masih Pantas Bela Timnas Indonesia?

Shin Tae-yong memanggil 27 pemain ke Timnas Indonesia untuk persiapan menghadapi Bahrain dan China di lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia ronde ketiga.

Semua pertandingan yang bakal berlangsung pada 10 dan 15 Oktober 2024 itu berada di kandang lawan. Shin Tae-yong pun memanggil pemain-pemain yang tidak asing mewarnai skuad Indonesia sebelumnya.

Jordi Amat kembali dipanggil setelah pulih dari cedera. Ada juga dua wajah baru yang pertama kali dipanggil; Mees Hilgers dan Eliano Reijnders.

Mayoritas pemain yang dipanggil juga berkarir di luar negeri (abroad), tapi ada dua nama yang kemudian jadi sorotan; Marselino Ferdinan dan Pratama Arhan.

Baca Juga: Thom Haye Dapat Dorongan Mental Jelang Gabung Timnas Indonesia

Dua nama itu memang sudah jadi langganan masuk skuad Timnas Indonesia. Tapi kondisi mereka yang jarang mendapat menit bermain di klub jadi pertanyaan.

Marselino Ferdinan diketahui kini bergabung dengan klub divsi kedua Liga Inggris, Oxford United. Sedangkan Arhan bermain untuk klub Liga 1 Korea, Suwon FC.

Sejak bergabung pada Agustus lalu, Marselino sama sekali belum mencicipi menit bermain di Oxford United. Bahkan untuk masuk ke dalam line-up pemain saja tidak pernah.

Sementara Arhan yang bergabung dengan Suwon FC pada awal tahun 2024, baru bermain satu kali dengan durasi 3 menit saja.

Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan.(Instagram/@marselinoferdinan10)Gelandang Timnas Indonesia, Marselino Ferdinan.(Instagram/@marselinoferdinan10)

Selebihnya eks pemain PSIS Semarang tersebut tidak pernah lagi masuk ke dalam daftar skuad Suwon FC.

Baca Juga: Punya Nama Jawa Banget, Junior Rafael Struick Tak Bisa Bela Timnas Indonesia Gegara Ini

Kondisi ini menimbulkan pertanyaan dan asumsi apakah Shin Tae-yong pilih kasih sampai harus ‘memaksakan’ pemain minim jam terbang di klub untuk masuk skuad Timnas Indonesia.

Tapi, pelatih asal Korea Selatan tersebut sudah pernah menegaskan alasannya. Minimnya opsi pemain pengganti yang sepadan, membuatnya mau tidak mau harus tetap memanggil pemain-pemain tersebut.

Kontributor: Aditia Rizki

Editor: Arief Apriadi

Tag:  #pemain #abroad #yang #bikin #shin #yong #dianggap #pilih #kasih #masih #pantas #bela #timnas #indonesia

KOMENTAR