Terbongkar Misteri Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tidak Ucap Sumpah WNI di Kedubes Indonesia di Belanda
Proses pengambilan sumpah dan janji setia sebagai WNI Mees Hilgers dan Eliano Reijnders (pssi.org)
12:42
2 Oktober 2024

Terbongkar Misteri Mees Hilgers dan Eliano Reijnders Tidak Ucap Sumpah WNI di Kedubes Indonesia di Belanda

Misteri alasan Mees Hilgers dan Eliano Reijnders tidak ucapkan sumpah WNI di Kedubes Indonesia di Belanda akhirnya terbongkar. Mees Hilgers dan Eliano Reijnders malah ucapkan sumpah WNI di Kedubes Indonesia di Belgia.

Sebelumnya proses naturalisasi dua pemain keturunan, Mees Hilgers dan Eliano Reijnders, akhirnya mencapai puncaknya.

Keduanya resmi menyandang status Warga Negara Indonesia (WNI) dalam sebuah upacara yang digelar di Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Brussels, Belgia.

Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers (kanan) dan Eliano Reijnders bersama agen sepak bola Fardy Bachdim. [Dok. IG/@fardybachdim]Pemain keturunan Indonesia, Mees Hilgers (kanan) dan Eliano Reijnders bersama agen sepak bola Fardy Bachdim. [Dok. IG/@fardybachdim]

Keputusan untuk menggelar acara sumpah di luar negeri ini ternyata menyimpan alasan yang cukup mendasar.

Baca Juga: Siapa Ibu Mitchell van Rooijen? Pemain Keturunan Papua Pasang Bendera Merah Putih Standby Dinaturalisasi

Ketua Umum PSSI, Erick Thohir, menjelaskan bahwa padatnya jadwal kompetisi sepak bola di Belanda menjadi kendala utama bagi kedua pemain untuk pulang ke Indonesia.

Mengingat tenggat waktu pendaftaran pemain untuk Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang semakin dekat, langkah cepat harus diambil agar Mees dan Eliano bisa segera memperkuat Timnas Indonesia.

"Mengapa harus dilakukan di Brussel? Karena kedua pemain itu tidak punya jeda waktu jika pengambilan sumpah harus di Indonesia," ujar Erick Thohir.

Bek Timnas Indonesia, Mees Hilgers. (Instagram/timnasindonesia)Bek Timnas Indonesia, Mees Hilgers. (Instagram/timnasindonesia)

Dengan telah sah menjadi WNI, Mees dan Eliano kini resmi beralih federasi dari KNVB (Asosiasi Sepak Bola Belanda) ke PSSI.

Keduanya diharapkan dapat memberikan kontribusi signifikan bagi skuad Garuda dalam upaya lolos ke putaran final Piala Dunia 2026.

Baca Juga: Dua Tercoret, Ini Daftar 27 Pemain Timnas Indonesia Hadapi Bahrain dan China

Rencananya, Mees dan Eliano akan menjalani debut bersama Timnas Indonesia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2026 melawan Bahrain dan China yang akan digelar pada bulan Oktober mendatang.

Tentu saja, kehadiran dua pemain muda berbakat ini sangat dinantikan oleh para pecinta sepak bola Tanah Air.

Editor: Pebriansyah Ariefana

Tag:  #terbongkar #misteri #mees #hilgers #eliano #reijnders #tidak #ucap #sumpah #kedubes #indonesia #belanda

KOMENTAR