Thailand hingga Laos, Inilah Daftar Pemain Abroad Indonesia di Liga Asia Tenggara
Brylian Aldama gabung klub Laos, Young Elephants. (Instagram/@brylianaldamaa)
10:06
14 September 2024

Thailand hingga Laos, Inilah Daftar Pemain Abroad Indonesia di Liga Asia Tenggara

Sejumlah pemain asal Indonesia saat ini tengah menjajal peruntungan berkarier di luar negeri dengan memperkuat klub-klub Asia Tenggara atau ASEAN. Setidaknya, ada lima pemain yang masih berkarier di kawasan regional.

Sebelumnya, sempat ada pemain-pemain Indonesia seperti Yanto Basna yang sempat berkarier bersama klub Thailand, PT Prachuap FC, hingga Rafli Mursalim yang merumput di Liga Kamboja bersama Nagaworld FC.

Yang terbaru, ada satu gelandang muda jebolan Timnas Indonesia kelompok usia muda yang kini mencoba peruntungannya di Liga Laos. Dia akan meramaikan pemain asal Indonesia yang merumput di Asia Tenggara.

Berikut Suara.com menyajikan daftar pesepak bola asal Indonesia yang saat ini tengah merintis karier di kompetisi Asia Tenggara.

Baca Juga: Usai Sultan Brunei, Prabowo Temui Presiden Laos: Saya ke Sini Perkenalkan Diri Sebelum Pelantikan 20 Oktober

1. Saddil Ramdani 

Saddil Ramdani menjadi salah satu pemain yang cukup awet merintis karier abroad-nya di Asia Tenggara. Sejak tahun 2021, pemain berusia 25 tahun ini sudah bermain untuk klub Liga Super Malaysia, Sabah FC.

Musim ini, Saddil belum menampilkan performa terbaiknya bersama Sabah FC, tak seperti musim lalu yang sangat mentereng.

2. Asnawi Mangkualam

Selanjutnya, ada pemain andalan Shin Tae-yong di Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam. Pemain berusia 24 tahun ini mencoba peruntungannya bersama klub kasta tertinggi Liga Thailand, Port FC.

Baca Juga: Gara-gara Program Naturalisasi, Vietnam Semakin Tertinggal di Asia Tenggara

Performa Asnawi bersama klub barunya pada musim ini termasuk oke. Dia selalu jadi pilihan utama untuk mengisi bek kanan Port FC.

3. Jordi Amat

Bek andalan Shin Tae-yong lainnya yang merumput di Asia Tenggara ialah Jordi Amat. Bek berusia 32 tahun itu sudah berkarier di Negeri Jiran sejak Juli 2022.

Sayangnya, pada musim ini dia belum bisa bermain banyak karena sempat mengalami cedera. Hal itu pula yang menghambatnya memperkuat Timnas Indonesia.

4. Reycredo Bukit

Reycredo Bukit adalah pemain muda potensial milik Nusantara United. Ia menjalani masa peminjaman di klub Singapura Balestier Khalsa setelah sukses menjalani trial. 

Kini pemain Indonesia tersebut telah mencatat tiga penampilan di Singapore Premier League bersama Balestier Khalsa.

5. Brylian Aldama

Pemain jebolan tim nasional Indonesia terbaru yang tengah mencoba mengadu nasibnya di luar negeri adalah Brylian Aldama. Terakhir kali, dia memperkuat Persebaya Surabaya pada musim 2023/2024.

Kini, gelandang berusia 22 tahun itu bergabung bersama klub Liga Laos, Young Elephants. Layak dinantikan kiprahnya bersama klub tersebut.

Kontributor: Muh Faiz Alfarizie

Editor: Irwan Febri

Tag:  #thailand #hingga #laos #inilah #daftar #pemain #abroad #indonesia #liga #asia #tenggara

KOMENTAR