3 Pemain Timnas Indonesia Tampil Buruk Lawan Australia, Marselino Ferdinan Jadi Sorotan
Pemain Timnas Indonesia sebelum berhadapan dengan Timnas Australia pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9/2024). [Suara.com/Alfian Winanto]
22:36
10 September 2024

3 Pemain Timnas Indonesia Tampil Buruk Lawan Australia, Marselino Ferdinan Jadi Sorotan

Timnas Indonesia meraih hasil imbang saat menjamu Australia di matchday kedua putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, tiga pemain tampil buruk.

Bertanding di kandang sendiri Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta pada Selasa (10/9/2024) Timnas Indonesia hanya meraih imbang lawan Australia.

Pertandingan berakhir tanpa gol, satu poin untuk masing-masing tim dalam lanjutan putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

Meski begitu, hasil imbang di kandang dirasa kurang maksimal bagi skuad Garuda karena tak mampu memaksimalkan peluang yang ada.

Baca Juga: Update Ranking FIFA: Peringkat Timnas Indonesia Meroket usai Imbangi Australia, Salip Malaysia

Di samping itu, sejumlah pemain juga tampil tidak sesuai harapan alias buruk hingga berdampak pada skema permainan yang diusung Shin Tae-yong.

Lantas siapa saja pemain Timnas Indonesia yang tampil buruk di pertandingan melawan Australia? berikut di antaranya.

1. Marselino Ferdinan

Dipercaya sebagai starter, performa Marselino Ferdinan sebagai wonderkid Timnas Indonesia di laga ini jauh dari harapan.

Marselino lebih banyak melakukan kesalahan ketimbang peluang mencetak gol, satu-satunya peluang yang dibuatnya lewat tendangan dari luar kotak penalti.

Baca Juga: Klasemen Sementara Grup C: Timnas Indonesia Masuk Zona Lolos Piala Dunia 2026

Itu pun bola melambung terbang tinggi di atas gawang Australia, Marselino akhirnya ditarik keluar menit ke-80 digantikan Pratama Arhan.

Secara keseluruhan, performa Marselino berada di bawah kualitasnya sebagai salah satu pemain terbaik Tanah Air.

2. Rafael Struick

Rafael Struick turun sebagai target man selama satu babak di pertandingan ini, namun usahanya masih belum menemui hasil.

Pemain muda ini tak mampu merobohkan lini bertahan Australia, ia pun ditarik keluar di awal babak kedua dan digantikkan Witan Sulaeman.

Skema permainan Timnas Indonesia sempat mengalami perubahan dengan hadirnya Witan, tetapi masih tak berbuah gol untuk Indonesia.

Shin Tae-yong sepertinya harus menemukan striker selain Rafael Struick, mengingat perjuangan ke Piala Dunia 2026 masih panjang dengan lawan kuat.

3. Ivar Jenner

Ivar Jenner bermain selama 70 menit sebelum ditarik keluar digantikan Thom Haye, performanya di pertandingan ini dirasa kurang.

Dampak yang diberikan Ivar di lini tengah Timnas Indonesia kurang berasa dan lebih didominasi pemain Australia.

Kualitas yang dimiliki seharusnya membuat Ivar tampil lebih baik, terutama dalam penguasaan bola dan mengalirkannya.

Meski bermain cukup lama, namun lini tengah yang seharusnya dikuasai Ivar sama sekali tak terlihat sepanjang laga.

Kontributor: Eko

Editor: Irwan Febri

Tag:  #pemain #timnas #indonesia #tampil #buruk #lawan #australia #marselino #ferdinan #jadi #sorotan

KOMENTAR