Dukung Ketahanan Pangan, Bank Pangan Indonesia Didorong Bersinergi dengan Baznas dan LAZ
Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kementerian Agama RI Prof. Waryono Abdul Ghafur di Kongres ke-3 Jaringan Bank Pangan Indonesia yang diselenggarakan Foodbank of Indonesia Network (FOIN) di Bentara Budaya Jakarta. 
15:31
17 Agustus 2024

Dukung Ketahanan Pangan, Bank Pangan Indonesia Didorong Bersinergi dengan Baznas dan LAZ

Indonesia perlu serius menangani ketahanan pangan nasional mengingat kebutuhan pangan yang makin tinggi seiring dengan tren pertumbuhan penduduk yang juga terus meningkat.

Upaya tersebut bisa dijalankan melalui kerjasama kolaboratif antar berbagai pihak baik elemen pemerintah, lembaga maupun swasta.

Seruan tersebut disampaikan Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf, Kementerian Agama RI Prof. Waryono Abdul Ghafur di Kongres ke-3 Jaringan Bank Pangan Indonesia yang diselenggarakan Foodbank of Indonesia Network (FOIN) di Bentara Budaya Jakarta.

Prof. Waryono menekankan bahwa sinergi antara Bank Pangan Indonesia dengan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) dan Lembaga Amil Zakat (LAZ) adalah kunci dalam memenuhi kebutuhan dasar mustahik. Ia menyoroti potensi besar zakat dan wakaf dalam mendukung ketahanan pangan yang belum sepenuhnya dimanfaatkan.

"Kita harus memastikan dana zakat dan wakaf mampu mendukung ketahanan pangan melalui program-program berbasis kebutuhan mustahik sesuai regulasi zakat yang ada," ujar Prof. Waryono dikutip Sabtu, 17 Agustus 2024.

Prof. Waryono juga menyoroti Program Kampung Zakat yang menjadi salah satu inisiatif strategis dalam memperkuat ketahanan pangan di tingkat desa.

Menurutnya, program ini mampu menjadi jembatan dalam meningkatkan kesejahteraan keluarga dan memastikan kebutuhan pangan di daerah terpencil terpenuhi.

Namun dia juga mengingatkan akan ancaman terhadap ketahanan pangan keluarga, hal ini mengacu pada data yang menunjukkan sekitar 400 ribu pasangan bercerai dari 2 juta pernikahan setiap tahunnya, yang berpotensi mengganggu ketahanan pangan dan tumbuh kembang gizi anak.

Kongres ke-3 Jaringan Bank Pangan Indonesia mengangkat tema "Bank Pangan Menghantarkan Indonesia Merdeka 100 persen" dan menggarisbawahi peran vital berbagai pihak dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Kegiatan ini diramaikan dengan Rembug Pangan Indonesia (RPI) dan Pasar Rakyat Mustikarasa (PRM) yang menampilkan produk UMKM berbasis pangan lokal dan rempah asli Indonesia.

Selain itu, juga ada demonstrasi Racik Mustikarasa, berupa demonstrasi memasak, turut memperkaya pemahaman masyarakat akan pentingnya memanfaatkan pangan lokal untuk memerangi kelaparan, terutama pada anak-anak.

Prof. Waryono berharap, melalui kolaborasi dan sinergi yang lebih erat antara BAZNAS, LAZ, dan Bank Pangan Indonesia, ketahanan pangan nasional dapat tercapai, sejalan dengan cita-cita Indonesia Merdeka 100 persen.

Editor: Erik S

Tag:  #dukung #ketahanan #pangan #bank #pangan #indonesia #didorong #bersinergi #dengan #baznas

KOMENTAR