Plt Ketum Golkar Pengganti Airlangga Diumumkan Malam Ini, Dave Laksono Sebut Inisial A: Agus Gumiwang?
Airlangga Hartarto, Jokowi dan Agus Gumiwang Kartasasmita (instagram/agusgumiwangk)
16:16
13 Agustus 2024

Plt Ketum Golkar Pengganti Airlangga Diumumkan Malam Ini, Dave Laksono Sebut Inisial A: Agus Gumiwang?

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono melemparkam inisial nama A saat berbicara mengenai rapat pleno untuk menentukan Plt ketua umum Partai Golkar, Selasa (13/8/2024) malam. 

Kendati begitu menyoal siapa yang bakal ditetapkan sebagai Plt ketua umum, Dave mengaku tidak mengetahui. Ia juga tidak ingin menebak-nebak seolah mendahului pleno.

"Jadi siapa Plt-nya nanti akan diumumkan nanti malam. Jadi saya tidak bisa mendahului walaupun pasti sudah beredar berbagai macam nama," ujar Dave di kantor DPP Partai Golkar, Selasa (13/8/2024).

"Apakah insialnya A atau yang lain nanti kita lihat ya," kata Dave.

Baca Juga: Ungkap Alasan Bahlil Bakal Gantikan Airlangga di Golkar, Idrus Marham: Tanpa Dahului Tuhan, Saya Yakin

Plt Ketum Golkar Ditentukan Malam Ini

Sebelumnya, Dave menyampaikan Partai Golkar segera melakukan rapat pleno menentukan Plt ketua umum pengganti Airlangga Hartarto, malam ini.

Dave Laksono (Instagram)Dave Laksono (Instagram)

Setelah terpilih, Plt ketua umum ditugaskan mempersiapkan musyawarah nasional (Munas).

"Nanti Plt itu bertugas, yaitu untuk melaksanakan Munas dan Kita targetkan nanti juga akan diputuskan di Pleno," kata Dave.

Dave berpandangan, Munas memang perlu segera dilakukan untuk mencari dan menentukan ketua umum definitif. Mengingat pendaftaran Pilkada yang mulai dilakukan pada akhir bulan ini.

Baca Juga: Malam Ini Golkar Gelar Pleno Tentukan Plt Ketum Pengganti Airlangga: Kader Harus Solid, Jangan Dipaksa Voting!

"Kalau pandangan saya pribadi harus sesegera mungkin karena mengingat pendaftaran Pilkada akan dimulai pada tanggal 27 Agustus. Jadi sebelum itu harus udah selesai," kata Dave.

Agus Gumiwang Mencuat

Diketahui belakangan nama Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mencuat sebagai Plt ketua umum Partai Golkar, menyusul pengunduran diri Airlangga sebagai ketua umum.

Tetapi belakangan, Ketua Bidang Organisasi DPP Partai Golkar,  Zulfikar Arse Sadikin menilai Plt Ketua Umum Partai Golkar seharusnya didelegasikan kepada Koordinator Bidang-Bidang Kepartaian, Kahar Muzakir. 

Ia mengatakan ketentuan Kahar sebagai Plt sesuai dengan AD/ART.

Ketua Dewan Pembina KOPI PAGI, Agus Gumiwang. (Suara.com/Fakhri Fuadi)Ketua Dewan Pembina KOPI PAGI, Agus Gumiwang. (Suara.com/Fakhri Fuadi)

"Sesuai AD/ART, Peraturan Organisasi No: 08 Tahun 2020 Tentang Pergantian Antar Waktu, Pentunjuk Pelaksanaan (Juklak No. 01/2020) Tentang Tata Kerja DPP Partai GOLKAR serta kelaziman yang berlaku selama ini, Plt Ketua Umum DPP Partai GOLKAR adalah Koordinator Bidang-Bidang Kepartaian, dalam hal ini Wakil Ketua Umum Koordinasi Bidang Kepartaian: Bapak Kahar Muzakir. Semoga hal ini dipahami dan dilaksanakan seluruh pengurus dan kader Partai Golkar di seluruh Indonesia," tutur Zulfikar dalam keterangan kepada Suara.com, Minggu (11/8/2024).

Zulkifar menegaskan penunjukan Kahar sebagai Plt seharusnya menjadi hal lazim karena sudah berdasarkan aturan.

"Sesuai aturan organisasi dan kelaziman yang berlaku selama ini, penunjukan Plt di internal Golkar selalu didelegasikan kepada Koordinator Bidang-Bidang Kepartaian: Bapak Kahar Muzakir," kata Zulfikar.

Selepas Airlangga mundur, Zulfikar mengatakan untuk menjaga agar keberlangsungan internal partai tetap berjalan secara kondusif, perlu segera ditetapkan Plt Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar. 

"Terkait dengan penunjukan Plt Ketua Umum DPP Partai GOLKAR, berdasarkan aturan organisasi dan mekanisme yang telah baku dan berjalan diinternal partai, maka penunjukan Plt dilakukan dalam Rapat Pleno DPP Partai Golkar," ujarnya.

Editor: Agung Sandy Lesmana

Tag:  #ketum #golkar #pengganti #airlangga #diumumkan #malam #dave #laksono #sebut #inisial #agus #gumiwang

KOMENTAR