Airlangga Genggam Kedua Tangan Saat Umumkan Pengunduran Diri dari Ketum Golkar, Pertanda Apa?
Airlangga Hartarto saat mengumumkan dirinya mundur dari Ketum Partai Golkar. [Ist/Tangkapan layar video]
17:32
11 Agustus 2024

Airlangga Genggam Kedua Tangan Saat Umumkan Pengunduran Diri dari Ketum Golkar, Pertanda Apa?

Menteri Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto membuat pengumuman yang mengejutkan publik dengan menyampaikan pengunduran dirinya dari Ketua Umum Partai Golkar pada Minggu (11/8/2024).

Pengunduran diri tersebut menjadi buah bibir dengan berbagai macam spekulasi yang berkembang. Airlangga sendiri tidak memaparkan dengan jelas penyebabnya mundur dari partai beringin itu.

"Saya Airlangga Hartarto setelah mempertimbangkan dan untuk menjaga keutuhan Partai Golkar dalam rangka memastikan stabilitas transisi pemerintahan yang akan datang terjadi dalam waktu dekat maka dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim serta atas petunjuk yang Maha Besar, maka dengan ini saya menyatakan pengunduran sebagai ketua umum DPP partai Golkar," kata Airlangga dikutip dari keterangan video, Minggu (11/8/2024).

Airlangga menegaskan pengunduran dirinya terhitung sejak Sabtu, 10 Agustus 2024.

Baca Juga: Jalan Airlangga Hartarto Duduki Kursi Ketua Umum Partai Golkar: Dari Intrik Berakhir Menukik

"Pengunduran diri terhitung sejak semalam, yaitu Sabtu 10 Agustus 2024," ujarnya.

Airlangga mengatakan selanjutnya sebagai partai besar yang matang dan dewasa DPP Partai Golkar akan menyiapkan mekanisme organisasi sesuai dengan AD/ART organisasi yang berlaku.

"Semua proses ini akan dilakukan dengan damai tertib dan dengan menjunjung tinggi muruah Partai Golkar," katanya.

Saat mengumumkan pengunduran dirinya, Airlangga terlihat menunjukan gestur yang menarik dan tak biasa. Dalam video yang diterima , Airlangga tampak menggenggam kedua tangan dengan jempol kiri berada di atas jempol kanan.

Bahkan genggaman tersebut seolah tak pernah diam. Sesekali terlihat, jempol kirinya yang berada di atas jempol kanan mengangkat ke atas. Terkait gestur tersebut, ada pendapat yang menarik untuk disimak.

Baca Juga: Mundur dari Ketum Golkar, Airlangga Pamer Raihan di Pemilu 2024

Mengutip Brightside, jika cara seseorang menggenggam tangan menempatkan jempol kiri pada bagian atas, maka otak kirinya lebih aktif dari otak kanan. Sehingga orang tersebut termasuk orang yang praktis, orang yang selalu berpikir panjang sebelum mengambil keputusan.

Selain itu, orang tersebut sulit untuk dibohongi dan memiliki kemampuan yang membuatnya bisa menyadari dan mengetahui jika seseorang berbohong kepadanya. Hal ini membuat orang tersebut sangat dihargai yang lain.

Sebelumnya Ketua Dewan Pembina Partai Golkar Aburizal Bakrie (ARB) meminta kepada seluruh kader partai beringin untuk menaati Keputusan Musyawarah Nasional Partai Golkar tahun 2019 yang diperkuat kembali lewat Rapimnas Golkar 2021 agar memutuskan bahwa Munas Partai Golkar akan digelar pada Desember tahun 2024.

"Saya meminta seluruh kader Golkar menaati keputusan Munas sebagai keputusan final dan tertinggi partai,” kata ARB dalam keterangannya kepada Suara.com, Rabu (7/8/2024).

Ia berharap agar Munas Golkar nanti berlangsung terbuka, bisa mempersilakan kepada seluruh kader Partai Golkar yang berminat dan atau digadang-gadang untuk menjadi Ketua Umum mempersiapkan diri merebut simpati suara daerah.

Mantan Ketum Partai Golkar ini juga mengapresiasi seluruh pengurus DPD Golkar tingkat I dan II seluruh Indonesia yang tetap solid dan konsisten mendukung kepemimpinan Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto, serta menjunjung tinggi hasil keputusan Munas 2019 dan Rapimnas 2021.

Untuk itu, selaku Ketua Dewan Pembina yang juga terpilih secara aklamasi pada Munas 2019 selalu berkomunikasi dengan Airlangga sekaligus memonitor perkembangan terkini Partai Golkar.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #airlangga #genggam #kedua #tangan #saat #umumkan #pengunduran #diri #dari #ketum #golkar #pertanda

KOMENTAR