Perbandingan Kekayaan Basuki Hadimuljono dengan Raja Juli Antoni yang Adabnya Jadi Omongan, Ternyata Selisihnya Jauh
Kolase foto Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dengan Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni yang memiliki kekayaan berbeda jauh.
11:24
3 Agustus 2024

Perbandingan Kekayaan Basuki Hadimuljono dengan Raja Juli Antoni yang Adabnya Jadi Omongan, Ternyata Selisihnya Jauh

Wakil Menteri ATR/BPN Raja Juli Antoni belum lama ini menuai sorotan gegara adab saat menyela Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ketika berbicara dengan awak media di kawasan IKN. Kira-kira seberapa kekayaan politisi PSI itu yang berani memotong penjelasan Pak Bas?

Kejadian itu bermula ketika Menteri PUPR Basuki Hadimuljono ditanya oleh awak media mengenai apakah presiden dan wakil presiden terpilih apakah akan berkantor di kawasan IKN.

Salah satu tangan kanan Jokowi yang akrab disapa Pak Bas itu merespon dengan berupaya memberi penjelasan.

Tetapi urung kelar, Wakil Menteri ATR/BPN, Raja Juli Antoni menyela penjelasan Pak Bas.

Baca Juga: Pastikan Hadir Sidang Kabinet Perdana di IKN, Prabowo: Ikut Dong, Masa Nggak Ikut

"Harapan kami berlanjut terus seperti yang dilakukan Pak Jokowi...," terang Pak Bas lalu terhenti.

"Dan yang bisa saya tambahkan sejauh ini sejak proses kampanye hingga terpilih komitmen sustainbility keberlanjutan program Pak Jokowi 100 persen dilanjutkan Pak Prabowo termasuk IKN jadi ngga boleh ada keraguan politik tidak meneruskan IKN, Insya Allah bisa ditanyakan ke beliau konfirmasi," sela Raja Juli Antoni.

Sorotan pun belakangan tertuju pada adab yang diperlihatkan Raja Juli Antoni.

Tak sedikit diantara publik yang menyayangkan sikapnya ketika menyela penjelasan Pak Bas.

Terlepas dari itu, berapa sih kekayaan Raja Juli Antoni dibanding Basuki Hadimuljono?

Baca Juga: 4 Hal Tentang Aaliyah Massaid yang Jadi Omongan Publik Setelah Resmi Menikah, Dari Malam Pertama hingga Soal Adab

Menurut update laporan harta kekayaan dikutip dari LHKPN KPK per 15 Februari 2024, Basuki Hadimuljono yang kini juga menjabat sebagai Plt Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara memiliki harta kekayaan mencapai Rp33 miliar.

Rincian harta kekayaan itu terdiri dari aset tanah dan bangunan dengan nilai keseluruhan Rp16.325.000.000.

Pak Bas diketahui memiliki 8 aset bidang tanah dan bangunan yang tersebar di Sleman, Bekasi, Semarang hingga Bogor. Status tanahnya ada yang hibah dengan akta, hibah tanpa akta serta milik sendiri.

Disamping itu, Pak Bas juga memiliki aset berupa kendaraan yakni mobil Toyota Crown Royal Saloon tahun 2009 seharga Rp50 juta. Lalu ada motor Royal Enfield Bullet Classic tahun 2017 seharga Rp40 juta.

Ia juga memiliki harta bergerak lainnya senilai Rp547.350.000, kemudian ada kas dan setara kas senilai Rp16.703.958.557 dan utang sebesar Rp500 juta.

Sementara itu Raja Juli Antoni yang kini ditunjuk sebagai Plt Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara mendampingi Pak Basuki memiliki total kekayaan sebesar Rp8,8 miliar.

Berdasar laporan LHKPN KPK pada 22 Maret 2024, rincian kekayaan itu berupa 11 bidang tanah dan bangunan yang ada di Jakarta Selatan, Bekasi serta Tangerang Selatan. Status aset tersebut milik sendiri.

Disamping aset berupa tanah dan bangunan, Raja Juli Antoni juga memiliki aset bergerak berupa 4 kendaraan dengan total nilainya mencapai Rp543.200.000.

Kendaraan itu berupa mobil Nissan XTrail tahun 2014 seharga Rp140 juta, Toyota Innova tahun 2018 Rp310 juta, Ford Fiesta tahun 2014 seharga Rp90 juta serta motor supra fit tahun 2005 seharga Rp3,2 juta.

Selain itu Raja Juli Antoni juga memiliki surat berharga Rp86 juta, kas serta setara kas Rp1.483.167.570 dan utang sebesar Rp1.948.220.287.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #perbandingan #kekayaan #basuki #hadimuljono #dengan #raja #juli #antoni #yang #adabnya #jadi #omongan #ternyata #selisihnya #jauh

KOMENTAR