Jejak Karier Airin Rachmi Sebelum Berpolitik, Kini Jalannya Maju Pilgub Banten Makin Mulus
Bakal Calon Gubernur Banten Airin Rachmi Diany memberi keterangan kepada awak media. [Yandi Sofyan/Suara.com]
14:48
1 Agustus 2024

Jejak Karier Airin Rachmi Sebelum Berpolitik, Kini Jalannya Maju Pilgub Banten Makin Mulus

Mantan Wali Kota Tangerang Selatan, Airin Rachmi Diany bulat bertekad maju Pilgub Banten 2024. Dia mendapat modal dukungan dari Partai Golkar.

Selain Golkar, PDIP juga disebut-sebut akan mengusung politikus kelahiran Banjar, Jawa Barat tersebut.

Ramai diberitakan, Ketua DPP PDIP Deddy Sitorus memberi sinyal akan berkoalisi dengan Partai Golkar di Pilgub Banten. Hal itu diungkapkan saat diwawancarai awak media di kawasan Kawasan SCBD , Jakarta Selatan pada Rabu (31/7/2024) petang.

PDIP dan Golkar sama-sama memiliki 14 kursi di parlemen hasi Pemilu 2024. Dengan jumlah tersebut sudah cukup untuk mengusung bakal pasangan calon di Pilkada 2024. Sementara itu, batas minimal yang harus dikantongi ialah 20 kursi.

Baca Juga: Pastikan Lawan Bobby di Pilgub Sumut, Edy Rahmayadi Ternyata Sudah Bertemu dengan Elite PDIP

Artinya, jalan Airin Rachmi Diany untuk maju di Pilgub Banten semakin mulus.

Karier Airin Rachmi Diany di dunia politik makin moncer saat maju sebagai Calon Wali Kota Tangerang Selatan. Dia terpilih di dua periode, yakni 2011-2016 dan 2016-2021.

Dia sempat mencalonkan diri sebagai Anggota DPR RI melalui Partai Golkar di Pileg 2024. Airin memperoleh suara terbanyak secara nasional.

Lantas seperti apa profil dan latar belakang Airin Rachmi Diany? Berikut ulasannya.

Profil dan Jejak Karier Airin Rachmi Diany

Baca Juga: 370 Calon Kepala Daerah Sudah Terima Rekomendasi PDIP, Bakal Segera Diumumkan Megawati

Airin lahir di Banjar, Jawa Barat pada 28 Agustus 1976. Dia merupakan putri pasangan Anwar Martadiharja dan Aisyah.

Latar belakangnya pendidikannya ilmu hukum. Airin tercatat lulusan Universitas Parahyangan Bandung (1995-1999) program Hukum. Kemudian menempuh pendidikan Spesialis Satu (SP-1) Program Studi Notariat di Universitas Padjadjaran Bandung (2000-2002).

Gelar magisternya diraih di Universitas Padjadjaran Bandung, Program Studi Ilmu Hukum Bisnis (2003-2005).

Airin pernah mengikuti kontes Puteri Indonesia tahun 1966. Dalam ajang kecantikan tersebut, dia berhasil meraih gelar Puteri Indonesia Favorit dan Puteri Indonesia Pariwisata.

Sebelum terjun di dunia politik, Airin lebih dulu berprofesi sebagai notaris. Dia memulai karir sebagai Asisten Notaris Kantor Notaris Imas Tarwiyah, SH, MH.

Airin juga aktif berorganisasi sehingga ia memiliki banyak relasi di berbagai bidang. Ia pernah menjadi Ketua PMI kota Tangsel, Wakil Ketua KPAID kota Tangsel, Dewan Pembina Pramuka Kota Tangsel dan masih banyak lagi.

Dia kemudian menikah dengan Tubagus Chaeri Wardana. Keduanya dikaruniai dua orang anak yakni Ghefira Marhamah Wardana dan Ghifari Al Chusaeri Wardana.

Editor: Baehaqi Almutoif

Tag:  #jejak #karier #airin #rachmi #sebelum #berpolitik #kini #jalannya #maju #pilgub #banten #makin #mulus

KOMENTAR