Geger Penangkapan Terduga Teroris di Stasiun Solo Balapan, PT KAI Buka Suara
Ilustrasi-Aktivitas penumpang di Stasiun Solobalapan, beberapa waktu lalu. ANTARA/Aris Wasita
13:12
1 Agustus 2024

Geger Penangkapan Terduga Teroris di Stasiun Solo Balapan, PT KAI Buka Suara

Vice President Public Relations KAI, Anne Purba membenarkan penangkapan terduga teroris di Stasiun Solo Balapan, Rabu (31/7/2024) pukul 19.30 WIB.

Dia memaparkan, ada penangkapan satu orang penumpang KA Gajayana oleh Densus 88.

KAI terus melakukan koordinasi dengan pihak-pihak terkait untuk menjamin keselamatan penumpang KAI.

"KAI selalu mendukung dan bekerjasama dengan pihak Kepolisian dalam pemberatasan tindakan terorisme. KAI terus berupaya meningkatkan sistem keamanan diantaranya melalui penyediaan fasilitas CCTV baik di stasiun maupun di kereta. Selain itu, petugas keamanan KAI juga akan selalu proaktif menjaga keamanan," tegas Anne Purba Vice President Public Relations KAI dalam rilis yang diterima, Kamis (1/8/2024).

Baca Juga: 27 Perjalanan PT KAI Ubah Jadwal dan Stasiun untuk Kebutuhan Pelanggan, Ini Daftar Lengkapnya

Anne Purba mengatakan, KAI tidak menoleransi tindakan yang bertentangan dengan Hukum. Manajemen KAI akan terus bertindak kooperatif dengan pihak yang berwenang apabila terdapat dugaan tindak kriminal di lingkungan kereta api.

Lebih lanjut pihak KAI juga mengingatkan agar penumpang tidak membawa barang bawaan yang dilarang seperti binatang, narkotika psikotropika dan zat adiktif lainnya, senjata api/tajam, benda yang mudah terbakar/meledak.

Lalu benda yang berbau busuk/amis atau benda yang karena sifatnya dapat mengganggu/merusak kesehatan dan mengganggu kenyamanan penumpang lainnya, barang yang dilarang oleh peraturan perundang-undangan, dan barang lainnya yang menurut pertimbangan petugas boarding tidak pantas diangkut sebagai bagasi karena keadaan dan besarnya tidak pantas diangkut sebagai bagasi.

"KAI akan terus berkomitmen meningkatkan keamanan dan keselamatan perjalanan kereta api dengan pengamanan yang berlapis seperti patroli oleh petugas keamanan yang dilakukan rutin dan pemasangan kamera CCTV di berbagai titik," paparnya.

"Apabila terdapat hal–hal yang mencurigakan di wilayah kerja KAI, masyarakat dan penumpang dapat menginformasikan kepada petugas KAI ataupun Call Center 121," tambah Anne Purba.

Baca Juga: 16 Kereta Api Jarak Jauh PT KAI Daop 1 Singgah di Stasiun Alternatif saat HUT Bhayangkara, Ini Daftar Lengkapnya

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto juga membenarkan penangkapan terduga teroris.

"Benar, terduga berinisial M ditangkap di Stasiun Balapan," kata Kabid Humas Polda Jateng, Kombes Pol Artanto kepada , Kamis (1/8/2024).

"Itu tiba atau berangkat, saya kronologisnya kurang paham ya. Karena di ranah Densus 88," tambah dia.

Disinggung mengenai jaringan teroris mana, Artanto menyerahkan sepenuhnya kepada Densus 88.

"Itu bukan ranah kami nggih, langsung diamankan Densus 88," jelas Artanto.

Editor: Ronald Seger Prabowo

Tag:  #geger #penangkapan #terduga #teroris #stasiun #solo #balapan #buka #suara

KOMENTAR