Golkar Sudah Tunjuk Nama Jusuf Hamka di Pilkada DKI, Tapi Internal KIM Masih Pengin RK
Kolase Kaesang dan Jusuf Hamka [instagram/@kaesangp ; @jusufhamka]
11:44
16 Juli 2024

Golkar Sudah Tunjuk Nama Jusuf Hamka di Pilkada DKI, Tapi Internal KIM Masih Pengin RK

Ketua Dewan Pakar Partai Amanat Nasional (PAN) Drajad Wibowo, menilai Ridwan Kamil lebih nyaman maju dalam kontestasi Pemilihan Gubernur Jawa Barat (Pilgub Jabar) ketimbang di Jakarta.

Pernyataan Drajad tersebut menyusul Partai Golkar yang mendorong kader lainnya, yakni Jusuf Hamka untuk maju di Pilgub Jakarta berdampingan dengan Kaesang Pangarep.

"Setahu saya RK memang lebih nyaman maju di Jabar," kata Drajad kepada , Selasa (16/7/2024).

Menurutnya, soal wacana Ridwan Kamil untuk didorong partai-partai Koalisi Indonesia Maju (KIM) maju di Pilkada Jakarta masih terus dibahas.

Baca Juga: Dari PSI ke Golkar: Kaesang Gandeng Jusuf Hamka, Siap Pimpin Jakarta?

"Karena ada wacana ke Jakarta, semuanya masih dibahas sesama parpol KIM. Kita lihat saja nanti, politik Indonesia sering sangat dinamis, bisa berubah pada injury time," ungkapnya.

Sementara di sisi lain, Ekonom ini menyampaikan bahwa pada prinsipnya partai-partai KIM tetap ingin berkoalisi untuk Pilkada.

Drajad Wibowo. (Antara)Drajad Wibowo. (Antara)

Namun harus disadari jika dinamika setiap daerah berbeda-beda.

"Prinsipnya, parpol-parpol KIM berusaha tetap berkoalisi dalam pilkada. Namun para Ketum KIM sangat memahami, struktur dan dinamika politik setiap daerah itu berbeda-beda," ujarnya.

"Jadi bisa saja koalisinya sedikit berbeda di provinsi, apalagi di kota dan kabupaten. Namun itu semua tidak berpengaruh terhadap soliditas KIM di pusat," sambungnya.

Baca Juga: Senang Golkar 'Kawinkan' Kaesang-Jusuf Hamka di Pilkada Jakarta, PKS Sebut Cocok Lawan Anies

Sebelumnya, Partai Golkar mengaku bakal mendukung Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep bila memang memiliki niatan untuk maju dalam Pilkada Jakarta 2024.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengaku, bakal menyiapkan seorang kadernya, Jusuf Hamka untuk menjadi pendamping Kaesang.

Airlangga mengatakan, alasan menyiapkan Jusuf Hamka lantaran yang bersangkutan telah berpengalaman di bidang infrastruktur. Sebab, menurut Airlangga, permasalahan utama yang ada di Jakarta yakni kemacetan.

"Nah untuk mendukung tadi Mas Ketum, Mas Kaesang seandainya beliau memilih Jakarta, saya siapkan kader Partai Golkar yang sudah memalang melintang di infrastruktur yaitu Babah Alun (Jusuf Hamka),” kata Airlangga, di DPP Partai Golkar, Slipi, Jakarta Barat, Kamis (11/7/2024).

Namun hal itu, lanjut Airlangga, bukan keputusan final terhadap Pilkada Jakarta. Ia mengaku masih banyak waktu untuk melakukan pendalaman yang berbasis ilmiah.

"Jadi itu pembahasan-pembahasan, kita banyak punya waktu banyak, punya waktu tidak terburu-buru kita akan berbasis ilmiah kepada survei dan tentu kita juga harus bicara dengan KIM,” jelas Airlangga.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #golkar #sudah #tunjuk #nama #jusuf #hamka #pilkada #tapi #internal #masih #pengin

KOMENTAR