Golkar Masih Galau Tentukan Ridwan Kamil Maju di Jakarta atau Jabar? Airlangga: Sekarang Baru Juli
Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/7/2024). (Suara.com/Novian)
18:08
9 Juli 2024

Golkar Masih Galau Tentukan Ridwan Kamil Maju di Jakarta atau Jabar? Airlangga: Sekarang Baru Juli

Partai Golkar hingga kini masih belum memutuskan kemungkinan mengusung Ridwan Kamil untuk maju di Pilkada Jakarta atau tidak.

Bahkan, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto mengatakan pihaknya masih menunggu waktu.

Diketahui selain di Pilkada Jakarta, Golkar memiliki opsi lain untuk mendorong Ridwan Kamil (RK) untuk maju di Pilkada Jawa Barat.

"Tunggu waktu," kata Airlangga di kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (9/7/2024).

Baca Juga: Airlangga Ngaku Bakal Jamu Kaesang di Golkar Kamis Sore, Bahas Pencalonan Pilkada Jakarta?

Tak hanya itu, Airlangga juga belum memastikan waktu untuk mengumumkan secara resmi Ridwan Kamil bakal maju di pilkada wilayah mana.

"Sekarang baru Juli awal," kata Airlangga

Sebelumnya, Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat, Ace Hasan Syadzily, mengatakan bahwa pihaknya sedang melakukan survei tahap dua di Jawa Barat (Jabar), terkhusus untuk nama Ridwan Kamil dalam pilkada di wilayah tersebut.

Ace menyebut, partai beringin masih terus memetakan figur-figur yang telah menyatakan maju dalam kontestasi politik lokal itu.

"Partai Golkar di Jabar sekarang melakukan survei tahap kedua dan survei tahap kedua ini salah satunya adalah untuk melihat pemetaan kondisi figur-figur yang telah secara terbuka menyatakan maju sebagai bupati, walkot maupun cagub di Jabar," kata Ace di Komplek Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (4/7/2024).

Baca Juga: Bima Arya Punya Peluang Besar Dampingi Ridwan Kamil di Pilgub Jabar?

Survei itu nantinya, kata dia, akan dijadikan bahan untuk menjajaki kerja sama dengan partai politik lain.

"Tentu kami harus memastikan siapa-siapa dari berbagai komunikasi politik kami dengan berbagai parpol dan berbagai figur tersebut agar dari situ kita bisa mengetahui tentang frame dari kemungkinan pasangan calon tersebut potret di dalam survei tersebut," ungkapnya.

Soal Ridwan Kamil, kata dia, termasuk juga sedang diuji kembali elektabilitasnya dalam survei tahap kedua.

"Termasuk di Jabar di survei kedua ini, kita juga kembali melihat sejauh mana konsistensi tren elektabilitas dari Pak Ridwan Kamil," ujarnya.

"Termasuk Pak Ridwan Kamil akan dipasangkan dengan siapa. Dari hasil komunikasi politik kami dengan berbagai pihak di Jawa Barat dan juga tentu di DPP tingkat pusat ini juga akan dideteksi melalui hasil survei tersebut," sambungnya.

Sementara itu, ketika ditanya apakah hasil survei Ridwan Kamil akan condong ke Jawa Barat dibanding Jakarta, Ace menilai berdasarkan survei internal pertama memang Ridwan Kamil kuat di Jabar.

"Ya kalau mengacu pada hasil survei yang pertama memang Pak Ridwan Kamil sangat kuat elektabilitasnya bahkan 73 persen warga Jawa Barat menginginkan Ridwan Kamil untuk menjadi Gubernur Jawa Barat," katanya.

Editor: Chandra Iswinarno

Tag:  #golkar #masih #galau #tentukan #ridwan #kamil #maju #jakarta #atau #jabar #airlangga #sekarang #baru #juli

KOMENTAR