Timeline Jokowi Dulu Tolak Hadiah Rumah Pensiunan Presiden, Kini Cetak Rekor! Terima 1,2 Hektar Tanah dari Negara
Presiden Joko Widodo atau Jokowi. (Dok. Biro Pers Sekretariat Presiden)
11:12
2 Juli 2024

Timeline Jokowi Dulu Tolak Hadiah Rumah Pensiunan Presiden, Kini Cetak Rekor! Terima 1,2 Hektar Tanah dari Negara

Masa jabatan Presiden Joko Widodo akan segera berakhir pada Oktober 2024. Presiden Jokowi pun berhak menerima hadiah rumah dari negara sebagai bentuk apresiasi selama menjadi presiden.

Namun, polemik soal rumah hadiah pensiunan presiden ini kembali mencuat di publik. Pasalnya, Presiden Jokowi ternyata pernah menolak untuk diberikan hadiah rumah dari negara pada tahun 2018.

Padahal, rumah hadiah presiden ini sudah masuk dalam anggaran negara. Artinya, hadiah rumah diberikan secara khusus kepada para presiden yang sudah pernah mengabdi kepada negara.

Kendati sempat menolak, Jokowi nyatanya sudah memilih lokasi rumah hadiah dari negara, yakni di Jawa Tengah. 

Baca Juga: Di HUT Bhayangkara ke-78, Jokowi: Terima Kasih Atas Kerja Keras Pengabdian Seluruh Anggota Polri

Mengenai itu, menarik untuk melihat timeline pernyataan Presiden Jokowi dari menolak rumah hadiah dari negara hingga menerimanya.

Pengadaan rumah pensiunan Jokowi sejak 2017

Rumah pensiunan presiden adalah salah satu hak sekaligus hadiah bagi setiap presiden yang sudah mengakhiri masa jabatannya. Hal ini juga berlaku untuk Presiden Jokowi yang terpilih sebagai Presiden RI dua periode. 

Rencana pengadaan rumah pensiun untuk bapak Gibran Rakabuming Raka ini sudah dirancang sejak tahun 2017. Hal ini juga didukung dengan adanya UU Nomor 7 Tahun 1978.

"Setiap bekas presiden dan wakil presiden yang berhenti dengan hormat dari jabatannya masing-masing: a. diberikan sebuah rumah kediaman yang layak dengan kelengkapannya," demikian isi Pasal 8 dalam UU tersebut.

Baca Juga: Peletakan Batu Pertama Rumah Pensiun Jokowi Digelar Tertutup, Luasnya Bertambah?

Sempat tolak rumah pensiunan pada 2018

Presiden Jokowi sempat menolak rencana pemberian hadiah rumah untuk pensiunan presiden. Penolakan ini sempat dikatakan Jokowi jelang akhir jabatan presiden periode pertama pada 2018.

Kala itu, mantan Deputi Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden (Setpres), Bey Machmudin mengatakan, Presiden Jokowi menolak untuk diberikan rumah hadiah dari negara.

"Tapi Pak Jokowi (saat itu) menolak (diberikan rumah)," ujar Bey dalam pernyataannya pada 2018 lalu.

Rumah siap dibangun pertengahan tahun 2024

Penolakan Jokowi atas rumah hadiah pensiunan presiden seolah memberikan kesan bahwa ia tidak menginginkan fasilitas mewah sebagai presiden.

Namun setelah 6 tahun berlalu, Jokowi kini tampaknya memilih mau menerima hadiah rumah dari negara. Orang nomor satu di Indonesia ini bahkan sudah memilih lokasi untuk rumah barunya, yakni di Colomadu, Karanganyar, Jawa Tengah.

Tak main-main, luas tanah yang akan dibangun sebagai rumah Jokowi ini mencapai 12.000 meter persegi. Sontak, Jokowi tercatat sebagai Presiden RI yang mendapatkan hadiah rumah paling besar dari negara.

Kontributor : Dea Nabila

Editor: Ruth Meliana

Tag:  #timeline #jokowi #dulu #tolak #hadiah #rumah #pensiunan #presiden #kini #cetak #rekor #terima #hektar #tanah #dari #negara

KOMENTAR