Prabowo Lapor Jokowi: Presiden Zelensky Belum Setuju Usul Indonesia soal Gencatan Senjata
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menerima presiden terpilih yang juga Menhan Prabowo Subianto di Istana Negara Jakarta, Jumat (5/4/2024). (foto dok. Prabowo)
16:32
6 Juni 2024

Prabowo Lapor Jokowi: Presiden Zelensky Belum Setuju Usul Indonesia soal Gencatan Senjata

Menteri Pertahanan RI, Prabowo Subianto, mengungkapkan hasil pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo alias Jokowi di Istana Kepresidenan Jakarta, pada Kamis (6/6/2024). Dalam pertemuan itu, Prabowo mengaku membahas sejumlah hal dengan Jokowi.

Salah satunya adalah hasil kunjungan Prabowo ke Singapura beberapa waktu lalu. Mulai dari pertemuan dengan siapa saja hingga apa saja yang dibahas.

"Saya baru saja dipanggil presiden kebetulan diajak makan siang, dan saya memang minta waktu, saya minta waktu untuk laporan hasil pertemuan-pertemuan saya selama dua hari di Singapura," ujar Prabowo.

"Saya bertemu dengan berbagai tokoh, menteri-menteri pertahanan dari beberapa negara. Tentunya saya juga sowan, courtesy call ke Perdana Menteri Singapura yang baru pak Lawrence Wong," ucapnya menambahkan.

Baca Juga: Pro Kontra Rencana Prabowo Tampung 1.000 Warga Palestina di Indonesia

Di Singapura, Prabowo mengaku juga menemui Presiden Ukraina, Velodymyr Zelensky. Ia pun kembali mengemukakan ide soal gencatan senjata dalam konflik Ukraina melawan Rusia.

Presiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan mitra yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat PresidenPresiden Joko Widodo saat bertemu dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy di sela-sela Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 dan mitra yang digelar di Hotel Grand Prince, Hiroshima, Jepang, Minggu (21/5/2023). ANTARA/HO-Biro Pers Sekretariat Presiden

"Saya lapor ke presiden pembicaraan saya terus berusaha meyakinkan presiden Zelensky, menawarkan jasa-jasa, baik kita apakah Indonesia bisa membantu untuk mendorong ke arah gencatan senjata," ucapnya.

Kendati demikian, Zelensky disebutnya belum bisa menerima sepenuhnya ide dari Prabowo. Presiden terpilih periode 2024-2029 itu pun mengaku akan membahasnya lagi di lain kesempatan.

"Beliau (Zelensky) masih belum setuju dengan usul-usul kami, tapi kami terus akan berusaha terus," pungkasnya.

Baca Juga: Akun TikTok Perempuan yang Viral Pamer Foto Mayor Teddy di Masjid Nabawi Mekah

Editor: Dwi Bowo Raharjo

Tag:  #prabowo #lapor #jokowi #presiden #zelensky #belum #setuju #usul #indonesia #soal #gencatan #senjata

KOMENTAR