Khofifah Indar Parawansa Beri Sinyal Tetap dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim
DISKUSI: Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri rapat koordinasi nasional (rakornas) PAN di Jakarta kemarin (10/5). (FOLLY AKBAR/JAWA POS)
11:48
11 Mei 2024

Khofifah Indar Parawansa Beri Sinyal Tetap dengan Emil Dardak di Pilgub Jatim

– Bakal calon gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa memberikan sinyal terkait calon pendampingnya. Meski belum menetapkan nama, Khofifah mengakui bahwa dirinya nyaman dengan wakilnya pada periode lalu, yakni Emil Dardak.

Khofifah mengatakan, selama lima tahun memimpin Jatim bersama Emil, dirinya merasa bisa melakukan manajemen kepemimpinan dan orkestrasi pembangunan dengan baik. ”Saya merasa bersama Mas Emil nyaman dan produktif,” ujarnya di kawasan Kuningan, Jakarta, kemarin.

Baginya, perasaan nyaman sangat penting dalam menentukan partnership bagi kepala daerah dan wakil kepala daerah. Namun, Khofifah sadar bahwa penentuan wakil itu akan bergantung pada partai koalisi.

Sejauh ini, dia telah mengantongi rekomendasi dari Partai Gerindra, Golkar, PAN, dan Demokrat. Dari empat partai itu, baru Demokrat yang sudah menetapkan mendukung Emil Dardak. Khofifah berharap segera tercapai kesepakatan dengan PAN, Golkar, dan Gerindra.

Jika mendapat kepercayaan berduet kembali dengan Emil, tokoh Muslimat itu optimistis akan bekerja lebih baik. ”Insya Allah, kalau kami dapat mandat periode kedua, insya Allah bisa lebih mudah kami lakukan pola-pola akseleratif ya,” imbuhnya.

Sejauh ini, di luar yang sudah ada, Khofifah juga telah membangun komunikasi dengan partai lain. Di antaranya, dengan PDIP, PSI, kemudian ada PPP. Kans dengan partai yang belum berkomunikasi seperti PKB juga tidak tertutup kemungkinan.

Sementara itu, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan menyerahkan penentuan nama wakil kepada Khofifah. Siapa pun yang dipilih, PAN siap mendukung. ”Saya kalau dukung enggak separo-paro, terserah beliau saja yang terbaik di Jawa Timur buat ibu saja,” tegas Zulhas.

Di mata Zulhas, Khofifah yang dia kenal sejak masih di DPR merupakan sosok pejuang. Lebih lanjut, performanya selama menjabat gubernur Jatim dinilai sangat baik. Itu juga diakui banyak pihak. ”Yang pertama, kami mendukung. Yang kedua, kami enggak diminta malah kami berikan rekomendasinya jauh-jauh hari,” tegasnya.

Zulhas juga menyebut PAN tengah menggodok rekomendasi calon daerah lain. Di Banten, rakornas PAN memberikan rekomendasi kepada Airin Rachmi Diany dan Achmad Dimyati Natakusumah. Di Jakarta, PAN berpotensi mengusung Ridwan Kamil. Selain itu, ada juga Zita Anjani, putri Zulhas, dan Sigit Purnomo (Pasha Ungu). (far/c6/bay)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #khofifah #indar #parawansa #beri #sinyal #tetap #dengan #emil #dardak #pilgub #jatim

KOMENTAR