Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk Organik di Rumah
Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk Organik di Rumah. /Sumber gambar: freepik/ freepik.com
09:08
4 Mei 2024

Jangan Dibuang! Ini Manfaat Kulit Pisang untuk Tanaman, Bisa Jadi Pupuk Organik di Rumah

 

   - Siapa sangka, kulit pisang yang biasanya dibuang begitu saja ternyata memiliki manfaat luar biasa sebagai pupuk organik untuk tanaman?    Hal ini dikarenakan, kulit pisang kaya akan unsur hara penting yang dibutuhkan tanaman untuk tumbuh subur, seperti kalium, fosfor, magnesium, dan sulfur.   Bagi yang memiliki tanaman hias dan tanaman produktif di rumah, ada baiknya limbah kulit pisang tidak langsung dibuang.   Kulit pisang bisa direndam untuk kemudian dimanfaatkan sebagai pupuk cair organik tanaman di rumah.   Dilansir dari Reader's Digest pada Sabtu (4/5), berikut ini manfaat dan cara membuat pupuk organik rendaman kulit pisang.  

  1. Manfaat dari air rendaman kulit pisang untuk tumbuhan   Kulit pisang mengandung kalium yang tinggi yang membantu meningkatkan kesuburan tanah dan meningkatkan penyerapan air oleh tanaman.   Fosfor yang terkandung dalam kulit pisang juga akan membantu memperkuat akar, batang, dan daun tanaman, sehingga tanaman lebih tahan terhadap hama dan penyakit.   Kandungan magnesium pada kulit pisang membantu merangsang pembungaan dan pembuahan tanaman, sehingga menghasilkan panen yang lebih melimpah.   Sulfur yang terdapat dalam kulit pisang membantu meningkatkan ketahanan tanaman terhadap penyakit jamur dan bakteri.   Kulit pisang merupakan bahan organik yang mudah terurai, sehingga tidak mencemari lingkungan.  

  2. Cara membuat pupuk cair dari kulit pisang   Bahan: Kulit dari 5 buah pisang Air 1 L   Alat: Pisau Toples besar Pengaduk   Cara membuat: - Potong-potong kulit pisang dengan ukuran sedang, tidak perlu terlalu halus. - Masukan air pada toples, masukan bersama potongan kulit pisang. - Tutup toples dan rendam potongan kulit pisang. - Simpan pada tempat yang sejuk dan gelap. - Rendam kulit pisang selama 2 hingga 3 minggu. - Pupuk cair kulit pisang siap digunakan bila air rendaman telah berubah menjadi coklat.   Cara mengaplikasikan ke tanaman: - Saring rendaman air kulit pisang, sisihkan kulit pisang ke komposter. - Pindahkan pupuk cair kulit pisang ke wadah penyemprot. - Semprotkan pupuk pada tanaman setiap pekan (1-2 kali dalam seminggu).  - Pupuk cair bisa digunakan untuk tanaman hias, aplikasikan pada daun dan pangkal batang. - Bila pupuk kulit pisang dicampur dengan air siraman, larutkan pupuk cair ke dalam air dengan perbandingan 1:10.   Demikian informasi mengenai manfaat kulit pisang sebagai pupuk organik tanaman di rumah, selamat mencoba!***  

Editor: Novia Tri Astuti

Tag:  #jangan #dibuang #manfaat #kulit #pisang #untuk #tanaman #bisa #jadi #pupuk #organik #rumah

KOMENTAR