Perebutan Takhta di Pulau Jawa Menghangat, Khofifah Calon Kuat di Jatim
Ketua Muslimat NU Khofifah Indar Parawansa. (Istimewa)
10:00
3 Mei 2024

Perebutan Takhta di Pulau Jawa Menghangat, Khofifah Calon Kuat di Jatim

– Sebanyak 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota akan mengadakan pilkada serentak pada 27 November 2024.

Dari ratusan pilkada itu, pusat perhatian tertuju pada Pulau Jawa. Sebab, tiga provinsi dengan jumlah pemilih terbanyak akan melangsungkan pemilihan gubernur (pilgub). Yakni, Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Jawa Barat.

KPU memang baru membuka pendaftaran calon kepala daerah pada akhir Agustus 2024.

Namun, sejumlah parpol mulai membuka pendaftaran. Nama-nama tokoh yang bakal berlaga dalam pilkada pun mencuat.

Di Jawa Timur, nama Khofifah Indar Parawansa menjadi satu-satunya kandidat terkuat calon gubernur. Sebab, dia sudah mengantongi tiket dari empat partai politik. Yakni, PAN, Demokrat, Gerindra, dan Golkar. Dukungan untuk Khofifah berpotensi bertambah. Sebab, ada tiga parpol lain yang telah menjalin komunikasi. ”Nanti tunggu rekomendasinya secara resmi. Yang jelas sudah komunikasi,” kata Khofifah saat diwawancarai Jawa Pos.

Namun, calon wakil Khofifah masih abu-abu. Ada banyak nama yang berebut. Khofifah sendiri menyatakan bakal tetap menggandeng Emil Elestianto Dardak. Bersama ketua DPD Demokrat Jatim tersebut, Khofifah juga mengaku bisa berbagi tugas secara maksimal. Meski demikian, hingga kemarin parpol pengusung Khofifah belum sepakat dengan nama Emil. Mereka menyatakan bakal mendorong kader internal.

PDIP yang berencana bergabung dengan barisan Khofifah mengaku akan mengusulkan kader sendiri. Ketua DPD PDIP Jatim Said Abdullah telah menyebut beberapa nama yang layak mendampingi Khofifah. Antara lain, Bupati Trenggalek Muhammad Nur Arifin, Bupati Kediri Hanindhito Himawan Pramana, dan Bupati Sumenep Achmad Fauzi.

Di Jawa Tengah, salah seorang yang bakal maju dalam pilgub adalah Bupati Kendal Dico M. Ganinduto. Kemarin dia mengadakan road show di Kabupaten Demak. ”Prinsip saya menambah silaturahmi dan menambah saudara,’’ katanya kepada Jawa Pos Radar Semarang.

Dia mengakui, pencalonan dirinya sebagai gubernur masih panjang. ”Alhamdulillah, survei saya baik. Sekarang memulai aktivitas di Jateng selain sebagai bupati Kendal, saya merupakan kader Golkar,’’ ujarnya.

Nama Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto juga masuk bursa pilgub. Bambang Pacul, sapaan akrabnya, mendapat banyak dukungan dari para kader PDIP. Wakil Ketua DPC PDIP Kota Semarang Supriyadi menyampaikan, Bambang Pacul merupakan figur dengan jaringan yang sangat luas dari pusat hingga ke tingkat ranting. Semua syarat yang diperlukan untuk memenangi kontestasi pilgub Jateng ada pada ketua Komisi III DPR itu. (hen/gal/tyo/rya/hib/kap/ton/c18/c6/oni)

Editor: Ilham Safutra

Tag:  #perebutan #takhta #pulau #jawa #menghangat #khofifah #calon #kuat #jatim

KOMENTAR