Pantas Hotman Paris Klaim Gaji Shin Tae-yong Kalah Darinya, Segini Tarif Fantastis yang Didapat Sebagai Pengacara
Kolase foto Hotman Paris dan pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong.
11:00
25 April 2024

Pantas Hotman Paris Klaim Gaji Shin Tae-yong Kalah Darinya, Segini Tarif Fantastis yang Didapat Sebagai Pengacara

Hotman Paris Hutapea baru-baru ini mengklaim penghasilannya jauh lebih besar bila dibanding dengan pelatih Shin Tae-yong yang baru saja sukses membawa Timnas Indonesia mengukir sejarah di Piala Asia U-23.

Klaim tersebut dilontarkan saat Hotman Paris membawakan program acara HotRoom bertajuk Naturalisasi untuk Prestasi? yang disiarkan di Metro TV.

Dikutip dari channel YouTube Metro TV, Hotman Paris yang tergelitik dengan perdebatan soal kualitas Shin Tae-yong kemudian menanyakan soal gaji pelatih asal Korea Selatan itu ke Exco PSSI Arya Sinulingga.

Beberapa kali didesak, Arya Sinulingga enggan mengungkap berapa gaji sang pelatih hingga kemudian Justin Laksana yang duduk di sebelahnya menyebut nominalnya.

"Rp1 M bang," timpal sosok yang akrab disapa Coach Justin itu seperti dikutip Kamis (25/4/2024).

Seketika itu, Hotman Paris dengan gayanya yang khas menyebut bahwa penghasilan Shin Tae-yong masih kalah dengannya.

"Rp1 M masih kalah dengan Hotman Paris," terang pengacara kondang yang baru saja sukses memenangkan paslon Prabowo-Gibran dalam sengketa Pilpres 2024 di Mahkamah Konstitusi.

Lalu benarkah klaim itu?

Beberapa waktu lalu Hotman Paris pernah membeberkan mengenai harta yang dimilikinya saat bicara di sebuah stasiun televisi.

Ia mengaku memiliki kekayaan hingga Rp4,5 triliun.

Diantara sumber kekayaannya yakni berasal dari profesinya sebagai pengacara.

Ia mengaku banyak menangani klien yang berstatus konglomerat. Tak heran bayaran yang diterimanya nilainya fantastis.

Hotman menyebut minim jasanya sebagai pengacara pernah dibayar Rp1,3 miliar. Sementara ia juga pernah mendapat bayaran hingga Rp174 miliar.

Di luar profesinya sebagai pengacara, Hotman Paris memiliki bisnis sampingan di dunia hiburan yakni ada sebanyak 57 club hingga beach club terbesar yang ada di Bali.

Bila ditaksir tentu hasil dari bisnis hiburannya sangat besar mengingat pajak yang ia bayarkan tiap bulannya juga tergolong tinggi yakni bisa sampai Rp30 miliar setiap tahunnya.

Nah sementara bila dibandingkan dengan Shin Tae-yong, pelatih yang memiliki kualitas Piala Dunia itu seperti yang telah dibocorkan Coach Justin memiliki bayaran sekitar Rp1 miliar.

Di kesempatan lain hal itu pernah diungkap oleh Mochamad Iriawan yang merupakan ketum PSSI sebelum Erick Thohir.

Saat bicara di podcast Deddy Corbuzier, sosok yang akrab disapa Iwan Bule itu menyebut bayaran Shin Tae-yong yakni USD 1 juta per tahun atau setara Rp1,1 miliar tiap bulannya.

“(Gaji Shin Tae-yong) Rp2 miliar per bulan, itu di luar kendaraan, apartemen, dan sebagainya. Tapi itu kan tim, ada 6 pelatih lainnya. Mungkin dia dapat Rp1,1 (miliar) lah,” jelas Iwan Bule kepada Deddy Corbuzier pada tahun 2022 lalu.

Shin Tae-yong sendiri di luar profesinya sebagai pelatih juga beberapa kali menjadi bintang iklan mulai dari aplikasi game online, produk otomotif, kopi, hingga bank.

Kekayaan pelatih Timnas Indonesia itu pada 2023 lalu mencapai USD 5 juta atau setara Rp74,4 miliar.

Dengan nilai itu, sepertinya pantas bila Hotman Paris mengklaim lebih kaya dibanding Shin Tae-yong.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #pantas #hotman #paris #klaim #gaji #shin #yong #kalah #darinya #segini #tarif #fantastis #yang #didapat #sebagai #pengacara

KOMENTAR