Ingin Pastikan Transisi Kepemimpinan Damai, Anies Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran Usai MK Tolak Permohonan Sengketa Hasil Pilpres
Calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 1 Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar hadir dalam sidang putusan perselisihan hasil Pilpres 2024 di Gedung MK, Jakarta. (DERY RIDWANSAH/ JAWAPOS.COM)
10:08
23 April 2024

Ingin Pastikan Transisi Kepemimpinan Damai, Anies Ucapkan Selamat ke Prabowo-Gibran Usai MK Tolak Permohonan Sengketa Hasil Pilpres

 

Eks capres nomor urut 1 Anies Baswedan menyampaikan ucapan selamat kepada pemenang Pilpres 2024 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka usai Mahkamah Konstitusi menolak gugatannya terkait hasil Pilpres 2024.

"Kami sampaikan kepada Pak Prabowo dan Pak Gibran selamat menjalankan amanat konstitusi, selamat bekerja menunaikan harapan rakyat yang kini diembankan di atas pundak bapak-bapak berdua," ujarnya kepada wartawan, Senin (22/4).

Anies mengatakan bahwa hal itu mesti disampaikan meskipun dalam prosesnya, Pilpres 2024 masih dipenuhi dengan catatan problematis. Hal itu merupakan bagian dari prinsip demokrasi, yaitu perpindahan kewenangan yang berjalan dengan damai.

"Dengan segala catatan tentang problematiknya, proses pilpres 2024 kali ini kami berkomitmen untuk menjaga prinsip peacefull transition of power itu dan kami memilih untuk menjadi bagian yang terus menjaga, terus membangun mutu demokrasi di Indonesia," tandasnya.

Sebelumnya, Mahkamah Konstitusi (MK) menolak seluruh permohonan perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024 yang diajukan pasangan capres-cawapres nomor urut 3, Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Putusan itu dibacakan ketua majelis hakim konstitusi, Suhartoyo di ruang sidang MK, Jakarta, Senin (22/4).

"Dalam pokok permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Suhartoyo.

Dalam persidangan ini, majelis hakim MK hanya membacakan poin-poin penting pertimbangan dan putusan. Hal ini mengingat, dalil-dalil yang disampaikan Ganjar-Mahfud hampir sama dengan dalil-dalil yang disampaikan capres-cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar.

 

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #ingin #pastikan #transisi #kepemimpinan #damai #anies #ucapkan #selamat #prabowo #gibran #usai #tolak #permohonan #sengketa #hasil #pilpres

KOMENTAR