TKS Prabowo-Gibran Yakin MK Akan Putuskan Sengketa Hasil Pilpres dengan Independen
Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo-Gibran, Idrus Marham bersama jajaran tim hukum Prabowo-Gibran di kawasan Senayan, Minggu (21/4). (Muhammad Rizwan/JawaPos.com)
14:16
21 April 2024

TKS Prabowo-Gibran Yakin MK Akan Putuskan Sengketa Hasil Pilpres dengan Independen

    - Sekretaris Tim Kerja Strategis (TKS) Prabowo-Gibran, Idrus Marham menyerahkan sepenuhnya kepada delapan hakim konstitusi dalam memutuskan perkara perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) atau sengketa hasil Pilpres 2024
. MK mengagendakan pembacaan putusan sidang sengketa Pilpres 2024, pada Senin (22/4) besok.  

  "Pendukung Prabowo-Gibran jangan turun. Tidak boleh turun, kalau kita turun berarti kita seakan-akan tidak percaya MK, kita turun dan pasrahkan kepada MK, dan kita punya keyakinan bahwa MK sebagai penjaga konstitusi pasti akan mengambil putusan dengan kemandirian, dengan keindependensiannya, tanpa ada intervensi, berdasarkan norma hukum didukung oleh fakta-fakta dan bukti-bukti yang jelas," kata Idrus di kawasan Senayan, Jakarta, Minggu (21/4).   Idrus meyakini, delapan hakim konstitusi yang mengadili perkara sengketa hasil Pilpres 2024, tak lagi diragukan integritas dan independensinya. Serta diharapkan mampu memutuskan perkara sengketa Pilpres dengan penuh objektifitas.   "Hakim-hakim MK, terutama delapan hakim konstitusi yang menangani sengketa Pilpres ini adalah orang-orang yang sangat independen, yang mengedepankan prinsip independensi of judiciary yang tentunya sangat imparsial, mengadili perkara ini secara objektif, dengan tingkat kenegarawanan yang sangat tinggi," tegas Idrus.   Karena itu, Idrus menekankan pihaknya tidak ragu dengan independensi hakim konstitusi. Ia meyakini, mereka akan mempertimbangkan fakta-fakta hukum yang hadir di persidangan.   "Sehingga kami tidak ada sedikitpun keraguan untuk itu, mereka sangat mudah untuk memutus perkara ini secara adil dan bijaksana," ucap Idrus.   Sementara, tim hukum Prabowo-Gibran, Hinca Panjaitan menyatakan, dirinya tidak bisa menerka putusan sengketa hasil Pilpres yang akan dibacakan, pada Senin (22/4) besok. Ia sepenuhnya menyerahkan kepada MK terkait putusan sengketa hasil Pilpres 2024.   "Kalau dari TKN tetap enggak bisa suudzon, kami nggak bisa membaca dibalik itu, kita ikuti saja, apa yabg akan diputuskan MK," ujar Hinca.   Politikus Partai Demokrat itu menuturkan, dirinya enggan berspekulasi banyak terkait putusan sengketa hasil Pilpres. Meski dirinya turut menjadi bagian dari tim hukum Prabowo-Gibran di persidangan MK.  

  "Tentu kami tidak ingin berspekulasi tentang itu, tapi kami meyakini bahwa koridor MK clear dalam undang-undang. Karena itulah aturan main kita," paparnya. (*)  

Editor: Dinarsa Kurniawan

Tag:  #prabowo #gibran #yakin #akan #putuskan #sengketa #hasil #pilpres #dengan #independen

KOMENTAR