Sosok Sopir Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal: Pakai Pelat TNI Palsu, Kini Jadi Tersangka
Pierre W.G Abraham alias PWGA (52), pengemudi Toyota Fortuner arogan berpelat nomor dinas TNI palsu usai resmi menjadi tahanan Polda Metro Jaya. (Suara.com/M Yasir)
09:12
19 April 2024

Sosok Sopir Fortuner Arogan yang Ngaku Adik Jenderal: Pakai Pelat TNI Palsu, Kini Jadi Tersangka

Sopir Fortuner bernisial PWGA kini tak bisa lagi menunjukkan sikap arogannya. Sebab kepolisian telah menetapkan dirinya sebagai tersangka kasus pemalsuan pelat mobil dinas TNI.

PWGA merupakan pria yang viral di media sosial. Aksinya terekam dalam video, tatkala ia marah-marah setelah diduga berselisih dengan salah satu pengendara mobil di Tol Jakarta-Cikampek KM 57.

PWGA juga sempat menabrakkan mobilnya ke mobil lawan cekcoknya itu. Terekam dengan jelas PWGA mengendarai mobil Fortuner Hitam dengan pelat nomor Mabes TNI 84337-00.

Dalam video viral itu, PWGA mengaku sebagai anggota TNI. Ia juga mengatakan memiliki kakak seorang jenderal yang bertugas di Mabes TNI.

Namun belakangan, terbukti kalau semua itu adalah bohong. Bahkan pelat nomor TNI yang ia gunakan adalah pelat palsu

Kini pria paruh baya itu ditahan di Polda Metro Jaya. Ia dijerat Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat.

Lantas seperti apakah sosok PWGA? Berikut ulasannya.

Setelah videonya viral, Mabes TNI  menelusuri dan menyelidiki sosok pengendara mobil Fortuner yang cekcok dengan pengguna jalan lain di ruas Tol Jakarta-Cikampek.

Pusat Polisi Militer (Puspom) TNI menyatakan, PWGA bukanlah anggota TNI. Ia hanya warga sipil yang berupaya menyaru jadi aparat.

"Jajaran Ditkrimum Polda Metro berhasil menangkap pelaku yang berinisal Ir. PWGA di kediamannya yang berada di Cempaka Putih. Dari hasil pemeriksaan dipastikan yang bersangkutan merupakan warga sipil yang berprofesi sebagai seorang pengusaha, bukan anggota TNI," demikian tulis Puspom TNI melalui akun Instagram resminya, dikutip beberapa waktu lalu.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, PWGA kini telah ditetapkan tersangka oleh kepolisian dan ditahan di Polda Metro Jaya.

Adapun nama asli PWGA adalah Ir Pierre WG Abraham. Ia merupakan adik dari Purnawirawan TNI. Dalam konferensi pers, Dirreskrimum Polda Metro Jaya, Kombes Pol Wira Satya Triputra mengungkapkan identitas, PWGA.

"Identitas tersangka yaitu inisial PWGA. Lahir di Manado, 1 Agustus 1971," katanya dalam konferensi pers di Polda Metro Jaya Kamis (18/4/2024).

Mengenai pelat nomor TNI yang digunakan PWGA, Wira mengatakan, pelat tersebut benar milik Mabes Polri, namun statusnya kini dalam proses pemutihan.

Setelah videonya viral, lanjut Wira, PWGA sempat membuang pelat nomor mobil tersebut di sebuah sungai di wilayah Lembang, Bandung.

Adapun motif PWGA menggunakan pelat nomor TNI, menurut Puspom TNI hanya untuk menghindari aturan ganjil-genap di Jakarta.

Atas kelakuannya itu, kini PWGA dijerat Pasal 263 KUHP tentang pemalsuan surat, dengan ancaman hukuman penjara selama 6 tahun.

Kontributor : Damayanti Kahyangan

Editor: Agatha Vidya Nariswari

Tag:  #sosok #sopir #fortuner #arogan #yang #ngaku #adik #jenderal #pakai #pelat #palsu #kini #jadi #tersangka

KOMENTAR