Kapolres Trenggalek Pantau Pengamanan Lebaran di Berbagai Destinasi Wisata dan Lintasi JLS
Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut berinteraksi langsung dengan wisatawan, membahas situasi keamanan, serta menerima keluhan dan saran dari pengunjung. (dok polres trenggalek)
12:16
14 April 2024

Kapolres Trenggalek Pantau Pengamanan Lebaran di Berbagai Destinasi Wisata dan Lintasi JLS

Kapolres Trenggalek, AKBP Gathut Bowo Supriyono, melakukan peninjauan langsung terhadap pengamanan Lebaran di beberapa lokasi wisata di pesisir Watulimo, Kabupaten Trenggalek.

Pemantauan dilakukan pada Sabtu (13/4). Didampingi oleh pejabat utama dan Kapolsek Watulimo, Kapolres Trenggalek mengunjungi jalur Lintas Selatan (JLS) serta destinasi wisata populer seperti Pantai Mutiara, Pantai 360 Prigi, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Cengkrong.

Dalam kunjungannya, AKBP Gathut berinteraksi langsung dengan wisatawan, membahas situasi keamanan, serta menerima keluhan dan saran dari pengunjung. Ia menyatakan bahwa arus mudik Lebaran meningkatkan kunjungan wisatawan, terutama keluarga yang memanfaatkan sisa liburan untuk berwisata.

AKBP Gathut menekankan bahwa lonjakan jumlah pengunjung mempengaruhi tingkat keamanan, sehingga pihak kepolisian memperkuat pengamanan dengan menurunkan puluhan personel.

Polres Trenggalek menempatkan personel di titik-titik rawan kemacetan dan kejahatan, serta mengerahkan polisi pariwisata (Polpar) di lokasi wisata. Di antara tindakan yang dilakukan adalah mendirikan pos pantau, penempatan personel, dan pengaturan lalu lintas agar tetap lancar.

Hingga siang hari, pantai Pasir Putih menjadi tujuan wisata terpopuler diikuti oleh Pantai Mutiara dan Pantai 360 Prigi. AKBP Gathut mengimbau para pengunjung untuk berhati-hati dan waspada, serta, mematuhi petunjuk petugas, dan mematuhi aturan lalu lintas.

Ia juga menyarankan pengendara untuk beristirahat jika lelah atau mengantuk, karena terdapat banyak rest area di sepanjang JLS. Pada kesempatan tersebut, AKBP Gathut berinteraksi dengan para wisatawan, membahas situasi keamanan, dan menerima keluhan serta saran dari pengunjung.

Dia menyampaikan bahwa puncak arus balik Lebaran telah dimulai, di mana sebagian besar warga memanfaatkan sisa liburan Lebaran untuk berwisata bersama keluarga. Dia juga mencatat bahwa kunjungan wisatawan hari ini di beberapa lokasi lebih ramai daripada hari biasa.

Dalam konteks lonjakan jumlah pengunjung, AKBP Gathut mengakui bahwa hal ini berdampak pada peningkatan tingkat kerawanan keamanan. Sebagai langkah antisipatif, Polres Trenggalek meningkatkan pengamanan dengan menambah jumlah personel.

Pada situasi arus lalu lintas H+3 Lebaran, terutama di pintu masuk Pantai Karanggongso, Pantai Pasir Putih, dan Pantai Mutiara, terpantau ramai namun lancar.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #kapolres #trenggalek #pantau #pengamanan #lebaran #berbagai #destinasi #wisata #lintasi

KOMENTAR