Pastikan Stok Bahan Pokok Di Sumsel Aman Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri: Tidak Ada Kelangkaan
Satgas Pangan Polri melakukan pengawasan terhadap distribusi hingga ketersediaan bahan pokok penting. (Dok. Polri)
07:04
4 April 2024

Pastikan Stok Bahan Pokok Di Sumsel Aman Jelang Lebaran, Satgas Pangan Polri: Tidak Ada Kelangkaan

Satgas Pangan Polri memastikan ketersediaan bahan pokok penting menjelang lebaran Idul Fitri 2024 di Palembang, Sumatera Selatan aman. Kepastian ini disampaikan anggota Satgas Pangan Polri Kombes M. Barly Ramadhan berdasar hasil pengecekan dan pemantauan yang dilakukan pada Rabu (3/4/2024).

Selain aman, Barly menyebut harga bahan pokok penting atau bapokting juga stabil meski cenderung mengalami kenaikan.

"Sesuai hasil pengecekan, untuk stok tidak ada yang kurang dan tidak ada harga yang tinggi masih stabil, namun cenderung naik. Antisipasi pihak Satgasda dan kementerian/lembaga terkait untuk menstabilkan harga dan stok bapokting saat HBKN,” kata Barly.

Pengecekan ini, kata Barly, dilakukan Satgas Pangan Polri bersama Dinas Ketahanan Pangan Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Barly merincikan berdasar hasil pengecekan dan pemantauan, harga beras medium di Pasar Modern Transmart Palembang berkisar Rp10.900 perkilogram. Sedangkan beras premium berkisar di harga Rp16.700 perkilogram.

“Beras medium Rp10.800 perkilogram dan beras premium Rp13.700 perkilogram di Pasar Tradisional KM5 Palembang,” imbuhnya.

Sementara stok beras di Gudang Bulog Kanwil Sumatera Selatan dan Bangka Belitung tersedia 20 ribu ton dengan rincian 10 ribu ton beras Thailand dan 10 ribu ton beras Vietnam. Kemudian stok beras di Gudang Penggilingan Beras PT. BPP berjumlah 40 ribu ton.

Selain beras, Satgas Pangan Polri juga melakukan pengecekan terhadap harga cabai, bawang, minyak goreng, telur hingga daging ayam.

Untuk harga cabai merah berdasar hasil pengecekan di Pasar Modern Transmart Palembang berkisar Rp43.900 kilogram dan di Pasar Tradisional KM5 Palembang berkuasa Rp45.000 perkilogram.

Bawang putih di Pasar Tradisional KM5 Palembang berkisar Rp40.000 perkilogram dan bawang merah Rp36.000 perkilogram. Di Pasar Modern Transmart Palembang harga bawang putih sekitar Rp40.000 perkilogram dan bawang merah Rp42.900 perkilogram.

“Untuk minyak goreng di Pasar Tradisional KM5 Palembang, harga Rp17.000 perliter itu minyak goreng fortune dan minyak goreng kita harganya Rp16.000 perliter,” ungkapnya.

Selanjutnya harga telur di Pasar Tradisional KM5 Palembang dijual dengan harga Rp27.000 perkilogram dan daging ayam ras dijual Rp35.000 perkilogram.

"Sesuai hasil pengecekan, bahwa stok komoditi aman dan cukup tersedia tidak ada kelangkaan,” pungkasnya.

Editor: Bangun Santoso

Tag:  #pastikan #stok #bahan #pokok #sumsel #aman #jelang #lebaran #satgas #pangan #polri #tidak #kelangkaan

KOMENTAR