Duduk Satu Meja Saat Buka Puasa di Istana, Ketum Projo Tepis Rumor Hubungan Jokowi dan Prabowo Retak Pasca Pilpres
Presiden Jokowi dan Menhan Prabowo Subianto. (Suara.com/Novian)
03:08
29 Maret 2024

Duduk Satu Meja Saat Buka Puasa di Istana, Ketum Projo Tepis Rumor Hubungan Jokowi dan Prabowo Retak Pasca Pilpres

Menteri Pertahanan Prabowo Subianto duduk satu meja bersama Presiden Joko Widodo dalam acara buka puasa bersama jajaran kabinet di Istana Negara, Kamis (28/3/2024). Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie menegaskan bahwa hal tersebut menunjukan hubungan keduanya baik-baik saja.

Pernyataan Budi itu menepis rumor tentang hubungan Prabowo dan Jokowi yang dikabarkan tidak baik pasca Pilpres 2024. Budi menegaskan hubungan keduanya solid, terbukti dengan keduanya duduk satu meja.

"Oh iya solid makanya jangan diadu domba. Pak Jokowi dan pak Prabowo solid," kata Budi usai acara di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Kamis (28/3/2024).

Diketahui di meja tersebut tidak hanya di isi Jokowi dan Prabowo, melainkan ada Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menko Perekonomian Airlangga, dan Menkopolhukam Hadi Tjahjanto.

Budi mengatakan para tokoh tersebut sebatas membicarakan hal yang ringan-ringat. Tidak ada bahasan mengenai pemerintahan mendatang di bawah kepemimpinan Prabowo-Gibran.

"Ini kan forumnya forum buka puasa bersama. Yang pasti kan kehangatan, keakraban kan dilihat," ujar Budi.

Diketahui di meja tersebut, selain Jokowi dan Ma'ruf, hanya Prabowo yang tidak menjabat sebagai Menko. Sementara Airlangga dan Hadi merupakan Menko.

Mengenai alasan mengapa Prabowo duduk satu meja dengan Menko dan Jokowi-Ma'ruf, Budi menyampaikan bahwa hal itu boleh saja. Terlebih, kata Budi, Prabowo merupakan presiden terpilih.

"Lho ya gapapa, kan udah presiden selected, masa engga boleh? Boleh kan sudah elected," ujarnya.

Bukber Kabinet di Istana

Sebelumnya, Presiden Jokowi menggelar acara buka puasa bersama dengan jajaran menteri di Istana Negara, Jakarta. Tampak sejumlah menteri di kabinet sudah hadir.

Salah satunya Prabowo yang terlihat memasuki Istana Negara. Ia lantas menyapa sejumlah menteri yang sudah hadir lebih dulu.

Selain Prabowo, terlihat Menko Perekonomian Airlangga Hartarto, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri Komunikasi dan Informatika Budi Arie, Menteri Keungan Sri Mulyani, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Zulkfili Hasan.

Kemudian ada Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Menteri PAN RB Azwar Anas, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri ESDM Arifin Tasrif, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, dan Menteri Koperasi Teten Masduki.

Belakangan hadir Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma'ruf Amin di ruangan. Tampak Menteri Sekretaris Negara Pratikno ikut mendampingi.

Terlihat Jokowi yang menyapa dan menyalami menteri-menterinya, termasuk Prabowo. Jokowi dan Maruf terlihat satu meja dengan Prabowo dan Airlangag di bagian depan.

Acara dibuka dengan mendengarkan lantunan ayat suci Al Quran, kemudian dilanjut dengan tausiyah oleh Ma'ruf Amin. Ma'ruf menyampaikan tausiyah berkaitan dengan hidayah hingga adanya aturan-aturan dari Allah kepada manusia.

Editor: Erick Tanjung

Tag:  #duduk #satu #meja #saat #buka #puasa #istana #ketum #projo #tepis #rumor #hubungan #jokowi #prabowo #retak #pasca #pilpres

KOMENTAR