KKN Tematik Universitas Pembangunan Jaya di Kampung Ilmu Purwakarta: Pembelajaran di Luar Sekat Akademik
Universitas Pembangunan Jaya (UPJ) menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) sebagai bentuk pembelajaran yang berbasis langsung dari masyarakat untuk memahami secara fundamental kebutuhan mereka. (UPJ untuk JawaPos.com)
16:48
26 Maret 2024

KKN Tematik Universitas Pembangunan Jaya di Kampung Ilmu Purwakarta: Pembelajaran di Luar Sekat Akademik

 Universitas Pembangunan Jaya (UPJ), sebagai salah satu perguruan tinggi swasta di Indonesia, menegaskan bahwa pembelajaran tidak terbatas pada pengajaran tradisional di dalam kelas melalui pertemuan tatap muka. Dalam semangat itu, UPJ mengembangkan bentuk pembelajaran yang berbasis langsung dari masyarakat untuk memahami secara fundamental kebutuhan mereka.

Salah satu wujud nyata dari pendekatan ini adalah melalui kegiatan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik di Kampung Ilmu, Kecamatan Tegalwaru, Kabupaten Purwakarta, yang dilakukan bersama Yayasan Nurani Dunia yang diprakarsai oleh Imam Prasodjo. Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, yang di inisiasi secara optimal oleh UPJ.

Sebanyak 12 mahasiswa UPJ turut serta dalam kegiatan ini. Mereka mendapatkan pembelajaran langsung melalui praktik nyata di lapangan. Mereka dibagi ke dalam tiga kelompok kerja yang terlibat langsung dalam pembibitan tanaman, peternakan kambing, dan budidaya ikan patin.

Di sesi akhir, para peserta diminta untuk mempresentasikan pengalaman yang mereka dapatkan serta, program pengembangan yang akan dilakukan oleh masing-masing tim. Pada sesi tersebut, Imam Prasodjo memberikan apresiasi terhadap hasil karya mahasiswa UPJ. “Desain packaging yang dihasilkan mahasiswa UPJ sekelas professional” tambah Imam Prasodjo di sela-sela presentasi yang diberikan.

Andre, salah satu peserta, menyampaikan kesan bahwa kegiatan ini memberikan cakrawala baru tentang pendidikan. Mereka menjadi berani mengekspresikan diri dan mengungkapkan pandangan mereka secara terbuka. Hal ini sejalan dengan pernyataan Presiden UPJ, Ir. Frans Sunito, yang menyatakan bahwa kegiatan ini akan menjadi bekal berharga bagi mahasiswa dalam menghadapi dunia nyata. Banyak pembelajaran yang diperoleh di luar sekat-sekat mata kuliah.

Kegiatan KKN ini adalah bukti nyata komitmen UPJ dalam menghadirkan pembelajaran yang berkualitas, yang tidak hanya terbatas pada teori di dalam kelas, namun juga terjun langsung ke lapangan untuk merasakan dan memahami realitas masyarakat.

Semoga kegiatan KKN ini menjadi landasan penting bagi pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada kebutuhan masyarakat dan peningkatan kualitas sumber daya manusia, serta membawa dampak positif bagi perkembangan Bangsa Indonesia.

 

Editor: Mohamad Nur Asikin

Tag:  #tematik #universitas #pembangunan #jaya #kampung #ilmu #purwakarta #pembelajaran #luar #sekat #akademik

KOMENTAR