5 Manfaat Membaca Buku, Bentuk Peningkatan Literasi Sekaligus Ketajaman Berpikir Kritis Serta Menambah Wawasan
Ilustrasi membaca buku. (Freepik)
18:08
18 Maret 2024

5 Manfaat Membaca Buku, Bentuk Peningkatan Literasi Sekaligus Ketajaman Berpikir Kritis Serta Menambah Wawasan

 – Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki tingkat literasi rendah. Melansir dari Kominfo, bahwa tingkat literasi di Indonesia berada di urutan nomor dua dari bawah.

Hal tersebut menunjukkan bahwa minat membaca bagi warga Indonesia begitu rendah.

Menurut data UNESCO menunjukkan tingkat literasi Indonesia berada di angka 0,001% yang berarti menunjukkan dari seribu orang Indonesia hanya satu orang yang rajin membaca.

Mengutip dari Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, kondisi literasi di Indonesia sedang tidak baik-baik saja.

Para generasi muda saat ini sering kali menggunakan gawai untuk berselancar di dunia maya. Oleh karena itu, kebiasaan membaca mulai berkurang.

Miris rasanya melihat generasi muda zaman sekarang kurang berminat membaca buku, walau sekarang banyak buku digital yang tersebar, belum tentu mereka berminat membacanya.

Sebenarnya dengan membaca memiliki banyak manfaat yang diperoleh salah satunya adalah ketajaman berpikir kritis. Berikut manfaat membaca yang dikutip dari lombokbaratkab.go.id dan djkn.kemenkeu.go.id.

Melatih Otak

Manfaat dari membaca buku adalah dapat melatih otak agar berpikir kritis menemukan solusi.

Selama kita membaca, otak akan ditutut untuk berpikir dalam menganalisis, mencari solusi, bahkan menemukan ide-ide baru.

Hal tersebut dapat menyebabkan orang yang suka membaca semakin cerdas karena potensi dari otak terus dimaksimalkan.

Menambah Wawasan

Manfaat dari membaca berikutnya adalah menambah wawasan. Masih ingat dengan slogan “buku adalah jendela dunia”? Slogan tersebut menunjukkan bahwa dengan membaca kalian bisa menambah wawasan.

Wawasan yang dimaksud bisa berbagai hal seperti sejarah, ilmu pengetahuan, kebudayaan dari berbagai negara dan lain sebagainya.

Selain itu, kalian dapat mengetahui informasi yang sedang trending saat ini, seperti melalui majalah atau koran.

Menambah Kosa Kata

Berikutnya dari membaca adalah dapat meningkatkan kosa kata. Sama halnya dengan belajar bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia dengan membaca buku kosa kata kalian akan bertambah.

Banyak berbagai buku yang memiliki kosa kata unik khususnya dalam sastra. Berbagai arti dan makna dari suatu kosa kata dapat dilihat melalui KBBI.

Tanpa disadari dengan membaca buku, kosa kata kalian akan meningkat dengan sendirinya.

Meningkatkan Keterampilan Menulis

Bagi kalian yang merupakan penulis dan pengarang, sangat dianjurkan untuk sering membaca berbaga buku.

Hal tersebut dapat meningkatkan kemampuan menulis serta menemukan gaya menulis kalian.

Setiap penulis dan pengarang memiliki gaya menulisnya masing-masing. Oleh karena itu, dengan membaca kalian bisa mempelajari gaya menulis setiap penulis dan pengarang.

Sebagai Media Hiburan

Selain sebagai menambah kosa kata serta meningkatkan ketajaman berpikir kritis, membaca dapat digunakan sebagai sarana hiburan, seperti membaca novel salah satunya.

Selaras dengan penyataan Horatius dalam bukunya Arsh Poetica, menyatakan sastra memiliki dua fungsi yakni menghibur dan berguna.

Oleh karena itu, dengan membaca novel selain mendapatkan hiburan di sisi lain kalian akan mendapatkan hal yang bersifat positif seperti pesan moral dan amanat.

Editor: Nicolaus Ade

Tag:  #manfaat #membaca #buku #bentuk #peningkatan #literasi #sekaligus #ketajaman #berpikir #kritis #serta #menambah #wawasan

KOMENTAR