Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang, Cara Presiden Prabowo Siapkan Kabinet yang Tangguh
Presiden Prabowo Subianto membuka giat pertama retreat Kabinet Merah Putih dengan sesi olahraga dan latihan baris berbaris bersama di Lapangan Sapta Marga, Akademi Militer Magelang. (istimewa)
13:40
26 Oktober 2024

Retreat Kabinet Merah Putih di Akademi Militer Magelang, Cara Presiden Prabowo Siapkan Kabinet yang Tangguh

- Keputusan Presiden Prabowo Subianto memilih Akademi Militer (Akmil) di Magelang, Jawa Tengah sebagai tempat pelaksanaan kegiatan retreat Kabinet Merah Putih sempat menuai berbagai pertanyaan. Belakangan diketahui ada sejumlah pertimbangan atas pemilihan tempat itu. Menurut Khairul Fahmi sebagai co-founder Institute for Security and Strategic Studies (ISESS), itu merupakan cara Prabowo menyiapkan kabinet yang tangguh.

Dalam situasi global yang semakin penuh tantangan, Fahmi menyatakan bahwa perlu ada perspektif baru untuk para pejabat di bawah presiden dan wakil presiden. Dia menilai, karena itulah Prabowo menyelenggarakan retreat Kabinet Merah Putih di Akmil yang notabene adalah tempat menempa para taruna TNI AD. Salah satu tujuannya memberikan perspektif unik mengenai manajemen krisis dan koordinasi dalam kondisi darurat.

”Saya memaknai kegiatan ini sebagai bentuk upaya untuk menciptakan keseimbangan antara disiplin yang tegas dan fleksibilitas yang diperlukan dalam pemerintahan sipil,” kata Fahmi kepada JawaPos.com.

Lebih lanjut, dia menyampaikan bahwa kegiatan tersebut adalah salah satu pendekatan yang dilakukan oleh Prabowo untuk merespons tantangan zaman yang semakin kompleks. Dunia yang penuh ketidakpastian, membutuhkan pemimpin yang tidak hanya cerdas, melainkan juga tangguh dan mampu bergerak cepat dalam menghadapi berbagai situasi.

”Di sini, retreat menjadi kesempatan untuk mengasah kemampuan kepemimpinan, menguatkan karakter, dan menyiapkan para pejabat untuk menjalankan tugas dengan tanggung jawab yang lebih besar,” terang dia.

Secara keseluruhan, Fahmi mengungkapkan bahwa retreat Kabinet Merah Putih adalah simbol visi Prabowo yang ingin membangun pemerintahan yang tidak hanya berorientasi pada prosedur, tetapi juga pada kesiapan menghadapi segala kemungkinan. Untuk memperkuat fondasi pemerintahan sehingga bisa lebih responsif, tangguh, dan siap menghadapi berbagai dinamika zaman.

Editor: Edy Pramana

Tag:  #retreat #kabinet #merah #putih #akademi #militer #magelang #cara #presiden #prabowo #siapkan #kabinet #yang #tangguh

KOMENTAR