Hari Pertama Retreat Menteri di Akmil Magelang: Diawali Baris-berbaris, Diakhiri Joget Dangdut Koplo
Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada tanggal 25 Oktober 2024 oleh Partai Gerindra memperlihatkan Presiden Indonesia Prabowo Subianto berfoto bersama peserta retreat Kabinet Merah Putih di akademi militer di Magelang, Jawa Tengah. TRIBUNNEWS/HO/PARTAI GERINDRA |Berikut rangkuman kegiatan retreat menteri Kabinet Merah Putih di Akmil Magelang di hari pertama. Mulai dari latihan berbaris hingga joget bersama. 
08:52
26 Oktober 2024

Hari Pertama Retreat Menteri di Akmil Magelang: Diawali Baris-berbaris, Diakhiri Joget Dangdut Koplo

- Jajaran menteri, wakil menteri, kepala badan, hingga utusan khusus di Kabinet Merah Putih telah menyelesaikan hari pertama kegiatan retreat di Akademi Militer (Akmil), Jumat (25/10/2024).

Diketahui para menteri di bawah pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka ini telah hadir di Akmil Magelang sejak Kamis (24/10/2024).

Rencananya kegiatan retreat menteri Kabinet Merah Putih ini akan berlangsung hingga besok Minggu (27/10/2024).

Lantas apa saja sebenarnya kegiatan para menteri di hari pertama retreat di Akmil Magelang? Simak rangkumannya berikut ini.

Latihan Baris-berbaris di Lapangan Sapta Marga

Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada tanggal 25 Oktober 2024 oleh Partai Gerindra memperlihatkan Presiden Indonesia Prabowo Subianto memimpin retreat Kabinet Merah Putih di akademi militer di Magelang, Jawa Tengah. TRIBUNNEWS/HO/PARTAI GERINDRA Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada tanggal 25 Oktober 2024 oleh Partai Gerindra memperlihatkan Presiden Indonesia Prabowo Subianto memimpin retreat Kabinet Merah Putih di akademi militer di Magelang, Jawa Tengah. TRIBUNNEWS/HO/PARTAI GERINDRA

Para menteri Kabinet Merah Putih memulai kegiatan retreat di Akmil Magelang dengan latihan baris-berbaris.

Dalam keterangan Istana, para pembantu Presiden Prabowo Subianto sudah dibangunkan sejak pukul 04.00 WIB di tenda masing-masing. 

Pada pukul 05.15, mereka sudah berkumpul di Lapangan Sapta Marga.

Tak hanya para menteri, Presiden Prabowo dan Wapres Gibran pun ikut latihan baris-berbaris.


Bahkan Prabowo disebut sebagai orang yang pertama hadir di Lapangan Sapta Marga.

"Yang mengagetkan adalah ketika para anggota kabinet tiba di lapangan, Presiden Prabowo Subianto ternyata menjadi orang pertama terlebih dahulu hadir di lapangan."

"Presiden Prabowo memberikan contoh teladan sebagai pemimpin yang disiplin," ujar Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan, Hasan Nasbi.

Prabowo Beri Pembekalan Soal Antikorupsi ke Menterinya

Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada tanggal 25 Oktober 2024 oleh Mitra Media resmi Partai Gerindra yang memperlihatkan Presiden Indonesia Prabowo Subianto berbicara selama kunjungan ke akademi militer di Magelang, Jawa Tengah. (Photo by Handout / Media Partner of Gerindra Party / AFP) Gambar selebaran ini diambil dan dirilis pada tanggal 25 Oktober 2024 oleh Mitra Media resmi Partai Gerindra yang memperlihatkan Presiden Indonesia Prabowo Subianto berbicara selama kunjungan ke akademi militer di Magelang, Jawa Tengah. (Photo by Handout / Media Partner of Gerindra Party / AFP) 

Salah satu kegiatan utama para menteri di retreat Akmil Magelang ini adalah pembekalan materi.

Salah satu materi yang diberikan kepada para menteri di Kabinet Prabowo-Gibran ini adalah materi antikorupsi.

Bahkan Presiden Prabowo Subianto turun tangan langsung dalam pembekalan antikorupsi ini.

Hal tersebut diungkapkan oleh Wakil Menteri Ketenagakerjaan, Immanuel Ebenezer.

Noel menuturkan, saat pembekalan materi antikorupsi, Prabowo menggunakan analogi 'Ikan busuk dari kepalanya.'

Dari analogi itu Prabowo menegaskan, baik atau buruknya suatu lembaga maupun negara akan berasal dari pemimpinnya.

"Ada analogi yang disampaikan Pak Prabowo. Ikan itu kalau busuk dari kepalanya. Bukan dari badan dan buntut."

"Dari kepalanya. Artinya apa? Kalau mau bersih itu dari kepalanya dulu pemimpinnya," kata Noel, Jumat (25/10/2024).

Selain itu, Noel menyebut Prabowo ingin mendidik para menterinya agar bisa menjadi pemimpin yang memiliki integritas.

Selain arahan langsung dari Prabowo soal antikorupsi, menteri Kabinet Merah Putih juga dibekali materi oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Kapolri, Jaksa Agung, dan BPKP.

Dalam pembekalan tersebut, para menteri juga dijelaskan soal pola-pola korupsi yang terjadi di Indonesia.

"Anti-korupsi sampai pola-polanya diceritain. Karena gini. Kembali tadi analogi soal kepala ikan. Kalau pemimpinnya punya komitmen, pasti ke bawahnya juga punya komitmen," jelas Noel.

Hujan-hujanan Ikuti Upacara Parade Senja

Presiden RI Prabowo Subianto memimpin upacara Parade Senja yang turut dihadiri oleh seluruh jajaran Kabinet Merah Putih di Lapangan Pancasila, Graha Utama Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat sore.

Upacara Parade Senja yang merupakan bagian pembekalan atau retreat Kabinet Merah Putih ini diikuti 48 menteri, 55 wakil menteri, lima kepala lembaga negara setingkat menteri, dan satu wakil kepala staf kepresidenan.

Kemudian, tujuh utusan khusus presiden, tujuh penasihat khusus presiden, satu staf khusus, serta enam badan yang berisikan total 11 orang.

Upacara Parade Senja dimulai pada pukul 17:30 WIB dipimpin oleh Inspektur Upacara dimulai dengan pengecekan pasukan oleh Presiden Prabowo yang terdiri dari taruna tiga matra TNI yakni TNI AD, TNI AU, TNI AL serta Polri. 

Meski hujan turun deras saat dimulainya upacara parade senja sejak pukul 17:30 WIB, Prabowo tetap turun ke lapangan untuk inspeksi pasukan yang didampingi oleh Menteri Pertahanan Sjafrie Samsoeddin, Panglima TNI Agus Subiyanto dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Presiden RI Prabowo Subianto dari mobil komando melakukan inspeksi peserta upacara Parade Senja yang diikuti jajaran Kabinet Merah Putih di Lapangan Pancasila, Graha Utama Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024) petang. Presiden RI Prabowo Subianto dari mobil komando melakukan inspeksi peserta upacara Parade Senja yang diikuti jajaran Kabinet Merah Putih di Lapangan Pancasila, Graha Utama Akademi Militer, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/2024) petang. (Istimewa)

Pun demikian dengan puluhan menteri Kabinet Merah Putih tetap berdiri tegap tanpa bergeser dari tengah lapangan.

“Jadi kami bangga dengan saudara-saudara sekalian. Penampilan saudara tadi saya itu lihat saudara basah-basah saya pun mengajak para jenderal ikut basah-basah. Karena asas kepemimpinan kita adalah ing ngarso sung tulodo. Kalau anak buah basah, pimpinan harus basah,” kata Prabowo.

Prabowo beserta Menhan, Panglima TNI dan Kapolri menaiki Maung 1 disusul dengan tiga Maung lainnya yang diisi oleh Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka dan Menteri lainnya menyusuri pasukan yang telah baris berbaris di lapangan dengan rapi dengan diiringi lagu nasional ‘Halo-Halo Bandung’.

Usai melakukan inspeksi pasukan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta yang juga dipimpin oleh Inspektur Upacara.

“Marilah kita mengenang jasa para pahlawan untuk kedaulatan dan kehormatan bangsa indonesia, mengheningkan cipta mulai!” ujar Prabowo.

Acara dilanjutkan dengan pertunjukan defile dan Genderang Suling Canka Lokananta Akmil. Acara selesai pukul 18.35 WIB.

Para Menteri Joget Dangdut Koplo

Keseruan Raffi Ahmad dan anggota Kabinet Merah Putih di sela kegiatan pembekalan, yang digelar di Akademi Militer, Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/24) malam. Keseruan Raffi Ahmad dan anggota Kabinet Merah Putih di sela kegiatan pembekalan, yang digelar di Akademi Militer, Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10/24) malam. (Tangkapan layar)

Pembekalan Kabinet Merah Putih di Akademi Militer, Lembah Tidar, Magelang, Jawa Tengah, tidak melulu berisi kegiatan yang serius.

Pada satu gedung, para menteri, wakil menteri, kepala badan atau lembaga, utusan khusus presiden, hingga staf khusus presiden, kompak menyanyikan lagu dangdut koplo berjudul "Koyo Jogja Istimewa" yang dipopulerkan Ndarboy Genk.

Mereka juga berjoget seperti tampak pada video yang dibagikan Menteri Koperasi Budi Arie kepada Tribunnews.com, Jumat malam.

Meski dengan latar belakang profesi dan pendidikan yang berbeda, sama sekali tidak ada jarak di antara mereka. Semuanya larut dalam kegembiraan.

Termasuk Raffi Ahmad yang menduduki posisi Utusan Khusus Presiden bidang Pembinaan Generasi Muda dan Pekerja Seni, dalam kabinet bentukan Presiden Prabowo.

Dalam balutan seragam loreng, Raffi nyanyi sambil joget. Raut wajahnya semringah. Tawanya lepas.

Di tengah lagu, sejumlah taruna Akmil Magelang juga merapat dalam kerumunan punggawa Kabinet Merah Putih hingga membuat suasana kian meriah.

(Tribunnews.com/Faryyanida Putwiliani/Willem Jonata/Abdul Qodir/Taufik Ismail)

Baca berita lainnya terkait Kabinet Prabowo Gibran.

Editor: Nanda Lusiana Saputri

Tag:  #hari #pertama #retreat #menteri #akmil #magelang #diawali #baris #berbaris #diakhiri #joget #dangdut #koplo

KOMENTAR