Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Misteri Iklan RCTI Tahun 90-an di Sawah dan Stadion Ternyata Pakai Alat Ini
Misteri iklan RCTI di tengah sawah dan stadion bola terjawab. (Twitter/@ipangwahid)
15:16
27 Februari 2024

Akhirnya Bisa Tidur Nyenyak, Misteri Iklan RCTI Tahun 90-an di Sawah dan Stadion Ternyata Pakai Alat Ini

Viral di media sosial sebuah akun yang mengaku pembuat iklan RCTI tahun 90-an di sawah dan stadion yang sempat menimbulkan berbagai pertanyaan.

Bukan tanpa alasan, iklan berdurasi 30 detik itu dibuat dengan rapi seakan-akan direkam oleh kamera drone. Padahal tahun pembuatan iklan tersebut, drone masih sangat jarang di Indonesia, bahkan nyaris belum ada.

Spekulasi pun bermunculan, ada yang menyebut menggunakan burun elang yang telah dilatih. Selain itu ada juga yang menjawab menggunakan helikopter.

Namun jika memang helikopter yang dioperasikan untuk merekam iklan tersebut, mengapa rumput sawah tidak bergoyang, padahal ada scene di mana kamera menyorot detail wajah pemeran di iklan tersebut.

Pertanyaan yang nyaris 20 tahun tak terjawab itu, akhirnya terungkap. Melalui akun X atau Twitter @ipangwahid, Selasa (27/2/2024), ia mengaku sebagai salah satu kru di tim produksi iklan tersebut.

"RCTI OK #2 Sawah. Syutingnya di Pelabuhan Ratu, pakai helikopter dengan kamera film 35mm dipasang di samping body heli. Heli enggak terlalu dekat objek supaya saung enggak tertiup angin," sebut akun yang memiliki nama Irfan Wahid itu.

Ia mengaku bahwa saat mencari lokasi, ia sendiri yang turun dari helikopter dan jalan di pematang sawah. Ia yang mengarahkan artis atau pemainnya.

Komunikasi pun jadi kendala, pasalnya walkie talkie pun tidak begitu familiar saat itu dan Irfan tak bisa berkomunikasi dengan pilot.

"Karena enggak bisa komunikasi dengan pilot/kameramen di helikopter, jadi semuanya pakai insting saja," ujarnya.

Pertanyaan netizen pun semakin membuncah, mengingat adegan para pemain atau artis yang menonton televisi di tengah sawah sangat mustahil ditemukan listrik.

"TV-nya enggak nyala, tapi ditempel green screen," sebut dia.

Di sisi lain, pembuatan iklan tersebut juga melibatkan sutradara dari Inggris, sementara kameramen dari Australia. Ada nama sutradara Mira Lesmana yang saat itu menjadi executive producer.

Sementara Irfan Wahid, merangkap tiga jabatan dalam iklan RCTI baik di sawah, stadion GBK, pasar apung dan juga Rumah Gadang.

Rasa penasaran netizen yang mengaku lahir di tahun 90-an pun akhirnya terjawab. Tak sedikit yang akhirnya bisa tidur terlelap setelah 20 tahun rasa penasarannya tak kian terjawab.

"Setelah 20 tahun lebih akhirnya bisa tidur nyenyak," ucap salah satu netizen.

"Akhirnya kejawan, ternyata TV-nya enggak nyala, saya kira pakai aki nyalainnya," ujar netizen kedua.

"Salah satu misteri dunia terpecahkan," ujar lainnya.

"Pantes masih bingung kenapa itu tv bisa nyala padahal ga keliatan kabelnya," balas lainnya.

Editor: Muhammad Ilham Baktora

Tag:  #akhirnya #bisa #tidur #nyenyak #misteri #iklan #rcti #tahun #sawah #stadion #ternyata #pakai #alat

KOMENTAR