Puluhan Rumah Warga di Gunung Kidul Jogjakarta Tertimpa Pohon Akibat Hujan Angin, Berikut Catatan dari Pihak BPBD
Puluhan rumah warga tertimpa pohon akibat angin kencang, berikut catatan dari pihak BPBD (Radar Jogja)
12:40
26 Februari 2024

Puluhan Rumah Warga di Gunung Kidul Jogjakarta Tertimpa Pohon Akibat Hujan Angin, Berikut Catatan dari Pihak BPBD

 

 

Hujan disertai angin kencang juga melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Gunungkidul kemarin pada Minggu (25/2). BPBD Gunungkidul mencatat, puluhan rumah terdampak bencana hidremeteorologi ini.

Rumah-rumah warga rusak akibat diterjang angin kencang dan tertimpa pohon tumbang sejak Sabtu (24/2). Dilansir dari Radar Jogja pada Senin (26/2) BPBD mencatat sebanyak 26 rumah dan satu fasilitas pendidikan ambles, akibat diterjang angin kencang dan tertimpa pohon tumbang.

Kabid kedaruratan dan logistik Sumadi menyebutkan, 23 rumah terdampak pohon tumbang dan angin kencang di Kapannewon Semanu.

"Di Kapanewon Nglipar satu rumah dan satu fasilitas pendidikan serta satu rumah di Rongkop," ujar Sumadi kepada Radar Jogja.

Menanggapi fenomena cuaca ekstrem yang terjadi selama dua hari, BPBD memperingatkan kepada masyarakat agar meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan. Pemangkasan pohon lapuk dan cabang berlebih yang berpotensi mengancam jika terjadi hujan deras disertai angin kencang.

"Masyarakat juga diharapkan menghindari pohon besar, tiang listrik, baliho daerah rawan longsor dan daerah aliran sungai ketika hujan deras disertai angin kencang dan petir," ujarnya.



Dari seluruh kerusakan akibat cuaca ekstrem BPBD memperkirakan kerugian warga yang terdampak mencapai Rp 32 juta. Sementara itu, Panewu Semanu Emanuel Krisna Juwoto menyebut kerusakan terparah akibat cuaca ekstrem terdapat di Kelurahan Pacarejo.

Selain itu juga, hujan yang disertai angin kencang juga menghempas atap-atap bangunan rumah warga. Tak hanya menimpa rumah, pohon tumbang juga menimpa tiang listrik.

Kepala BPBD memastikan tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, hanya saja ada dampak kerusakan berupa aspal mengelupas di lokasi terjadinya banjir akibat digerus air yang cukup deras. Selain itu arus air juga sempat mengganggu arus lalu lintas.

Editor: Kuswandi

Tag:  #puluhan #rumah #warga #gunung #kidul #jogjakarta #tertimpa #pohon #akibat #hujan #angin #berikut #catatan #dari #pihak #bpbd

KOMENTAR