Tak Sesuai Kriteria Penerima Zakat, Permohonan Sponsor Kegiatan Golf Pasti Ditolak Baznas
Ketua Baznas Noor Achmad (dua dari kiri) di kampus UIN Syarif Hidayatullah Jakarta (22/10). (Hilmi/Jawa Pos)
10:08
23 Oktober 2024

Tak Sesuai Kriteria Penerima Zakat, Permohonan Sponsor Kegiatan Golf Pasti Ditolak Baznas

 

 

 – Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Noor Achmad menegaskan, pengelolaan zakat harus professional. Mulai dari pengumpulannya, sampai dengan penyalurannya. Dia menegaskan untuk urusan penyaluran, harus benar-benar sesuai dengan ketentuan agama.

Di hadapan mahasiswa Pascasarjana UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Noor Achmad mengatakan, permohonan dana zakat di Baznas bentuknya macam-macam. "Saya sering dimintai bantuan sponsorship," katanya pada seminar Membangun SDM Amil Baznas dan LAZ di UIN Jakarta pada Selasa (22/10). Salah satunya diminta bantuan sponsorship kegiatan golf.

Noor Achmad mengatakan, kegiatan golf tentunya identik dengan aktivitas olah raga masyarakat kaya raya. Sehingga tidak sesuai dengan asnaf atau kriteria yang berhak menerima aliran dana zakat. Maka permohonan sponsorship untuk kegiatan seperti itu tidak bisa dilayani oleh Baznas.

Dalam kesempatan itu Noor Achmad mengatakan, pemahaman masyarakat terhadap zakat sampai saat ini masih rendah. Sehingga menurut dia, dibutuhkan kolaborasi dari banyak pihak, untuk bersama-sama meningkatkan literasi mengenai zakat.

Persoalan lain di dunia zakat adalah peningkatan SDM amil zakat. Dia menegaskan amil zakat tidak sebatas memahami cara mengambil dana zakat. Tetapi juga bisa bisa memberikan pemahaman kepada para wajib zakat terkait dengan zakat.

Yang lebih penting, kata Noor Achmad, para amil zakat harus bisa menyalurkan dana zakat yang terkumpul. Dia bahkan mengatakan, jangan sampai amil memiliki pandangan bahwa dana zakat yang terkumpul harus diendapkan dahulu.

"Bagaimana membangun SDM zakat yang berkarakter dan unggul. Pandangan saya, amil itu sederhana yaitu mengambil dan mendistribusikan," tutur dia.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #sesuai #kriteria #penerima #zakat #permohonan #sponsor #kegiatan #golf #pasti #ditolak #baznas

KOMENTAR