KPK Ungkap 15 Tanah dan Bangunan yang Disita dari Kasus Dugaan Korupsi ASDP Berlokasi di Jakarta hingga Surabaya
Jubir KPK Tessa Mahardika Sugiarto. (Dery Ridwansah/ JawaPos.com)
23:40
22 Oktober 2024

KPK Ungkap 15 Tanah dan Bangunan yang Disita dari Kasus Dugaan Korupsi ASDP Berlokasi di Jakarta hingga Surabaya

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membenarkan telah menyita 15 unit bidang tanah maupun bangunan terkait dugaan korupsi proses kerjasama usaha (KSU) dan akuisisi PT Jembatan Nusantara oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tahun 2019-2022.   Penyitaan belasan tanah maupun bangunan itu pun telah didalami penyidik KPK, saat memeriksa pemilik PT Jembatan Nusantara Group, Adjie dan VP Pengadaan ASDP, Aman Pranata, pada Selasa (15/10) lalu.   

  "Iya ada beberapa lokasi di daerah Pondok Indah, Jakarta Selatan ada empat lokasi, di Bogor satu lokasi, di Menteng Jakarta Pusat satu lokasi, di Darmo Surabaya tiga lokasi, dan ada juga Graha Familly Surabaya dua lokasi," kata juru bicara KPK, Tessa Mahardika di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta, Selasa (22/10).   Tessa memastikan, pihaknya terus mengusut kasus dugaan korupsi proses kerjasama usaha (KSU) dan akuisisi PT Jembatan Nusantara oleh PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) tahun 2019-2022. Bahkan, ia mengaku tidak segan-segan untuk menerapkan pasal dugaan tindak pidana pencucian uang (TPPU).  

  "Untuk sementara info lokasinya sebagaimana tadi saya sampaikan, tetapi mungkin akan ada tambahan informasi akan kita update," tegas Tessa.   Dalam proses penyidikan kasus ini, KPK juga telah mencegah empat pihak ke luar negeri. Mereka terdiri dari tiga pejabat internal PT ASDP dan satu pihak swasta.  

  Pencegahan itu dilakukan untuk memudahkan penyidik KPK melakukan permintaan keterangan. Mereka yang dicegah ke luar negeri diduga telah menyandang status tersangka, yakni pemilik PT Jembatan Nusantara Group, Adjie; Direktur Utama ASDP Ira Puspadewi; Direktur Perencanaan dan Pengembangan ASDP, Harry MAC; dan Direktur Komersial dan Pelayanan ASDP, Yusuf Hadi.

Editor: Banu Adikara

Tag:  #ungkap #tanah #bangunan #yang #disita #dari #kasus #dugaan #korupsi #asdp #berlokasi #jakarta #hingga #surabaya

KOMENTAR