Orang-orang yang Sukses di Usia Tua, Biasanya Menerapkan 7 Kebiasaan Ini Sejak Muda, Menurut Psikologi
Ilustrasi orang dengan shio yang masa tuanya justru menjadi masa emas, di mana mereka akan bersinar di usia 50 hingga 70 tahun, menurut astrologi Tiongkok. (foto: freepik/ Frolopiaton Palm)
20:48
21 Oktober 2024

Orang-orang yang Sukses di Usia Tua, Biasanya Menerapkan 7 Kebiasaan Ini Sejak Muda, Menurut Psikologi

Menjadi orang yang sukses di usia tua tentu bukan permainan sulap begitu saja. Orang-orang yang sukses di usia tua telah memupuk kebiasaan baik sejak lama.

Kebiasaan-kebiasaan yang dilakukan sejak muda membuat mereka mungkin tak langsung merasakan efek positifnya saat itu juga, tetapi justru bisa sukses di usia tua.   Dikutip dari Jeanette Brown, psikologi menyebut bahwa orang-orang yang sukses di usia tua biasanya melakukan 7 kebiasaan ini sejak muda.   1) Hidup penuh kesadaran  

  Mindfulness atau hidup penuh kesaran adalah cara hidup yang melibatkan kehadiran dan keterlibatan penuh dengan apa pun yang sedang Anda lakukan saat ini.    Mindfulness adalah tentang memperhatikan detail-detail kecil dalam hidup dan menghargai setiap momen sebagaimana adanya.   Di masa tua, kita sering kali punya lebih banyak waktu untuk diri sendiri. Ini adalah kesempatan yang sempurna untuk menumbuhkan kesadaran. Ini bukan tentang mengisi setiap momen dengan aktivitas, tetapi tentang benar-benar mengalami setiap momen.   2) Menjaga hubungan dengan orang lain   Ini bukan hanya tentang memiliki orang-orang di sekitar, tetapi tentang memiliki hubungan yang bermakna.   Sebagai manusia, kita diciptakan untuk terhubung. Sepanjang hidup, kita membentuk ikatan dengan keluarga, teman, dan pasangan. Seiring bertambahnya usia, hubungan ini sering kali menjadi lebih berharga.   Jadi, luangkan waktu untuk menghubungi seseorang yang Anda sayangi hari ini. Anda tidak hanya akan berinvestasi pada hubungan Anda, tetapi juga pada kesejahteraan Anda sendiri. Kekuatan koneksi benar-benar transformatif.  

  3) Menumbuhkan kesadaran diri   Menyadari pikiran, perasaan, dan tindakan Anda secara menyeluruh dapat menjadi alat yang ampuh. Hal ini memungkinkan Anda untuk memahami diri sendiri dengan lebih baik, yang pada gilirannya memungkinkan Anda untuk membuat keputusan yang lebih baik dan menjalani hidup dengan lebih autentik.   Ingat, perjalanan menuju kesadaran diri bukanlah tentang menjadi orang lain; melainkan tentang mengenal diri Anda yang sebenarnya. Jadi, luangkan waktu untuk memahami diri sendiri. Itu adalah salah satu investasi terbesar yang dapat Anda lakukan di tahun-tahun mendatang.   4) Tetap aktif bergerak   Aktivitas fisik merupakan salah satu pilar penuaan yang sehat. Mereka yang tumbuh sehat di usia lanjut memahami hal ini dan berupaya secara sadar untuk tetap aktif.   Tetap aktif bergerak ini tentang menemukan bentuk latihan yang Anda nikmati dan dapat dipertahankan. Ini bisa berupa apa saja mulai dari berjalan, bersepeda, berenang, atau bahkan menari.   5) Hiduplah sesuai nilai-nilai Anda  

  Banyak orang yang sukses di usia lanjut melakukannya karena mereka memahami nilai-nilai inti mereka dan membuat keputusan yang selaras dengan nilai-nilai tersebut.   Menjalani hidup sesuai nilai-nilai Anda berarti membuat pilihan yang selaras dengan jati diri Anda. Ini tentang mengetahui apa yang benar-benar penting bagi Anda dan membiarkan nilai-nilai tersebut memandu tindakan Anda.   6) Makan makanan sehat   Orang-orang yang sukses di usia tua biasanya memprioritaskan makan sehat. Mereka tahu bahwa pola makan memegang peranan penting dalam kesehatan dan kesejahteraan kita secara keseluruhan.   Mengonsumsi pola makan seimbang yang kaya akan buah-buahan, sayur-sayuran, protein rendah lemak, dan biji-bijian utuh dapat memberikan dampak yang besar pada kesehatan fisik dan juga kesejahteraan mental Anda.   7) Berlatih bersyukur   Rasa syukur adalah tentang mengakui hal-hal baik dalam hidup dan mengenali sumber kebaikan ini.    Mulailah dengan mencatat tiga hal yang Anda syukuri setiap hari. Tidak harus hal-hal besar; bahkan hal-hal terkecil pun penting. Anda akan terkejut dengan bagaimana praktik sederhana ini dapat mengubah perspektif Anda dan memperkaya tahun-tahun mendatang Anda.

Editor: Bintang Pradewo

Tag:  #orang #orang #yang #sukses #usia #biasanya #menerapkan #kebiasaan #sejak #muda #menurut #psikologi

KOMENTAR