Lulus Akmil Bareng Prabowo, Sjafrie Sjamsoeddin Kini jadi Menhan
Presiden Prabowo Subianto didampingi Wapres Gibran Rakabuming Raka mengumumkan jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Sebanyak tujuh menteri koordinator (Menko), 41 menteri, dan lima pejabat setingkat menteri masuk dalam Kabinet Merah Putih. (Fedrik Tarigan/ Jawa Pos)
13:24
21 Oktober 2024

Lulus Akmil Bareng Prabowo, Sjafrie Sjamsoeddin Kini jadi Menhan

- Letnan Jenderal TNI (Purn) Sjafrie Sjamsoeddin memang tidak tampak mendatangi kediaman Presiden Prabowo Subianto di bilangan Kertanegara, Jakarta Selatan pada Senin pekan lalu (14/10). Namun dalam pembekalan, pengumuman, dan pelantikan menteri Kabinet Merah Putih, Sjafrie hadir. Oleh Prabowo, dia dipercaya menduduki posisi Menteri Pertahanan (Menhan). 

Sebagai purnawirawan TNI AD dengan pangkat terakhir letnan jenderal, tentu saja Sjafrie bukan orang sembarangan. Dia adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) 1974. Sjafrie menuntaskan pendidikan sebagai taruna Akmil bersama Prabowo.

Boleh dibilang, Sjafrie adalah karib orang nomor satu di Indonesia itu. Mereka sama-sama prajurit pasukan khusus, Komando Pasukan Khusus (Kopassus). 

Selama berkarir di TNI, Sjafrie pernah menduduki sejumlah jabatan strategis. Termasuk diantaranya panglima Kodam Jaya/Jayakarta.

Pejabat kelahiran 30 Oktober 1952 itu memang termasuk salah seorang yang sangat dipercaya oleh Prabowo. Saat Prabowo ditunjuk menjadi menhan oleh Joko Widodo di Kabinet Indonesia Maju, Sjafrie dibawa ke Kementerian Pertahanan. 

Di Kemhan, tugasnya adalah asisten khusus menhan bidang manajemen pertahanan. Dalam beberapa momen kunjungan kerja Prabowo sebagai menhan beberapa waktu lalu, Sjafrie kerap mendampingi.

Kini, Sjafri diberi amanah yang jauh lebih strategis. Yakni menjadi menhan menggantikan Prabowo. Tugas itu menegaskan kembali kepercayaan Prabowo kepada Sjafrie yang sangat tinggi. 

Bila dilihat ke belakang, beberapa jabatan strategis yang pernah diemban oleh Sjafrie selama masih aktif sebagai TNI adalah komandan peleton di Kopassus, komandan tim dalam Operasi Maleo, komandan grup di Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres), komandan Korem 061/Surya Kencana, panglima Kodam Jaya/Jayakarta, Koorsahli Panglima TNI, hingga Kapuspen TNI.

Editor: Estu Suryowati

Tag:  #lulus #akmil #bareng #prabowo #sjafrie #sjamsoeddin #kini #jadi #menhan

KOMENTAR