Batal Pakai Penerbangan Komersil, Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat TNI AU
Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Ibu Negara Iriana Jokowi meninggalkan Istana Merdeka, Jakarta, Rabu, (20/10/2024). Presiden ke-7 RI Joko Widodo atau Jokowi akan pulang ke kampung halamannya di Solo naik pesawat TNI AU batal naik pesawat komersil. 
12:13
20 Oktober 2024

Batal Pakai Penerbangan Komersil, Jokowi Pulang ke Solo Naik Pesawat TNI AU

Presiden ke-7 RI Joko Widodo atau Jokowi akan pulang ke kampung halamannya di Solo usai mengestafetkan kepemimpinan ke Prabowo Subianto.

Namun, Jokowi terbang ke Solo tidak menggunakan pesawat komersil, sebagaimana sempat diberitakan sebelum-sebelumnya.

"Nanti beliau (Jokowi) akan kembali ke Solo menggunakan pesawat TNI AU," kata Kepala Kantor Komunikasi Kepresidenan/PCO Hasan Nasbi saat dimintai keterangan, Minggu (20/10/2024).

Adapun Jokowi akan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma seusai pelantikan Prabowo-Gibran di Kompleks Parlemen Senayan.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan purna tugas pada 20 Oktober mendatang.

Usai tidak lagi menjadi Presiden, Jokowi akan langsung pulang ke Solo, Jawa Tengah.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan bahwa Presiden Jokowi akan pulang ke Solo menggunakan pesawat komersil.

“Nanti kita atur, jadi pokoknya komersil sudah siap,” kata Pratikno di Komplek Istana Kepresidenan, Jakarta pada Selasa, (8/10/2024).


Pratikno tidak menjelaskan apakah tiket kepulangan tersebut sudah dibeli atau belum. Yang pasti kata dia tiket pesawat komersil tersebut telah disiapkan.

“Pokoknya siap,” katanya.

Sebelumnya Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan bahwa dirinya akan pulang ke kampung halaman di Solo Jawa Tengah usai tidak lagi menjabat Presiden.

Jokowi mengatakan akan langsung terbang ke Solo pada 20 Oktober Sore usai Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI.

"Tanggal 20 Oktober sore saya pulang ke Solo," kata Jokowi usai acara Peresmian Pembukaan BNI Investor Daily Summit 2024 di Jakarta Convention Center, Jakarta, Selasa, (8/10/2024).

Presiden tidak menceritakan rinci mengenai rencana kegiatannya di Solo nanti usai purna tugas. Ia hanya mengatakan bahwa setelah tiba di Solo ia akan tidur terlebih dahulu.

Editor: Theresia Felisiani

Tag:  #batal #pakai #penerbangan #komersil #jokowi #pulang #solo #naik #pesawat

KOMENTAR