Megawati Tak Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Pilih Istirahat Karena Kurang Fit dan Flu
Presiden Kelima RI yang juga Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri tak akan hadir di acara pelantikan Prabowo-Gibran, Minggu (20/10/2024). 
15:33
19 Oktober 2024

Megawati Tak Akan Hadiri Pelantikan Prabowo-Gibran, Pilih Istirahat Karena Kurang Fit dan Flu

- Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri dipastikan tidak hadir dalam proses pelantikan Presidendan Wakil Presiden Terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Minggu (20/10/2025) besok.
 
Megawati tidak akan hadir di Pelantikan Prabowo-Gibran karena kurang fit dan flu.

“Ibu (Megawati) kondisinya kurang fit dan flu maka ibu memutuskan untuk beristirahat," kata Ketua MPR RI yang juga Sekjen Partai Gerindra, Ahmad Muzani, selepas menghadiri gladi bersih di Ruang Paripurna, Sabtu (19/10/2024).

Kabar ketidakhadiran Megawati tersebut didapat Muzani dari Ketua Fraksi PDIP di MPR RI, Ahmad Basarah.

"Ibu (Megawati) memberikan kabar kepada kami melalui ketua fraksi MPR PDIP Ahmad Basarah untuk beristirahat dan beliau sebagai gantinya telah menginstruksikan kepada seluruh anggota fraksi PDIP agar seluruhnya hadir 110 dan menyukseskan acara besok,” ungkap Muzani.

Muzani mengatakan pihaknya sudah mengirimkan undangan kepada Ketua Umum PDIP itu terkait pelantikan Prabowo-Gibran yang akan digelar Minggu (20/10/2024). 

“Kemudian undangan presiden kelima, ibu Mega, sudah kami sampaikan dan undangan dari tanda terima kami sudah sampai ke alamat beliau,” ujar Muzani.

Megawati kurang sehat karena baru tiba di Tanah Air setelah melakukan lawatan dari Uzbekistan.

“Dari keterangan yang kami dapatkan, posisinya ibu Mega baru saja tiba dari perjalanan lawatan ke Uzbekistan,” ucap dia. 


Sementara, sejumlah mantan presiden dan wakil presiden dipastikan bakal hadiri pelantikan besok.

Di antaranya Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Try Sutrisno, Boediono, Jusuf Kalla dan keluarga dari almarhum Abdurrahman Wahid alias Gus Dur, serta Hamzah Haz.

Selain itu, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo yang jadi lawan Prabowo di Pemilu 2024 lalu juga turut hadir.

“Kami sudah berkomunikasi untuk sejumlah mantan presiden-wakil presiden yang akan hadir pada acara besok. Insyaallah Susilo Bambang Yudhoyono, Jusuf Kalla, Jenderal TNI Purnawirawan Try Soetrisno, Boediono, dan keluarga mantan presiden Abdurrahman Wahid, keluarga mantan wakil presiden Hamzah Haz juga akan hadir,” tutur Muzani. 

“Saya sudah berkomunikasi lewat telepon, baik Anies maupun Ganjar, dan alhamdulillah beliau menyatakan akan hadir,” sambungnya.

Untuk diketahui, Pabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada 20 Oktober 2024.

Megawati Hadiri Sidang Promosi Gelar Doktor Hasto Kristiyanto

Namun sebelumnya, Megawati diketahui hadir dalam sidang terbuka promosi doktor kajian strategik dan global, Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto di Universitas Indonesia (UI) Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024)

Pantauan Tribunnews.com, Megawati tiba di Gedung Balai Sidang UI Depok sekira pukul 13.40 WIB. Dia mengenakan kebaya merah.

Megawati didampingi putranya sekaligus Ketua DPP PDIP Bidang UMKM, Ekonomi Kreatif dan Digital, Prananda Prabowo

Kedatangan Megawati disambut langsung oleh Hasto bersama sejumlah petinggi PDIP yang hadir.

Mantan Menteri Hukum dan HAM sekaligus Ketua DPP PDIP, Yasonna Laoly hingga Ahmad Basarah, hadir dalam acara ini.

Tak Ada Kepastian Pertemuan Megawati dan Prabowo

Terkait rencana pertemuan Megawati dan Prabowo Subianto, Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto tak memberi kepastian.

Hasto mengatakan, sejatinya Megawati telah mengutus politikus senior PDIP, Pramono Anung dan dirinya untuk berkomunikasi dengan Prabowo

"Jadi sebenarnya kan Mas Pramono Anung, saya sudah menjadi utusan dari Ibu Megawati Soekarnoputri," kata Hasto, saat ditemui di Universitas Indonesia (UI), Depok, Jawa Barat, Jumat (18/10/2024).

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) ini menegaskan, PDIP menghormati Prabowo yang saat ini sedang menggodok kabinetnya.

"Bu Mega dan Pak Prabowo sangat baik saling menghormati menjadi sahabat dan tentu saja untuk kepentingan Indonesia Raya," ujar Hasto.

Hasto menuturkan, PDIP berharap kabinet Prabowo dapat bekerja secara profesional dan cepat untuk mengatasi tantangan.

"Sikap dari PDIP terhadap kepemimpinan baru berharap agar kabinet itu dapat bekerja profesional bergerak cepat untuk mengatasi tantangan kita ke depan," ucapnya.

Sementara, Ketua DPP PDIP, Ganjar Pranowo menduga pertemuan Megawati dan Prabowo tak akan digelar sebelum pelantikan presiden pada Minggu (20/10/2024).

"Rasanya saya menduga kok tidak (bertemu sebelum pelantikan)ya," kata Ganjar, di lokasi yang sama.

Menurut Ganjar, waktunya tak memungkinkan bagi Megawati dan Ketua Umum Partai Gerindra itu bertemu sebelum pelantikan presiden.

"Karena waktunya pendek, kita tahu agenda jadwal kita ini Jumat, Sabtu-Minggu ini kami di bagi ke seluruh Indonesia," ujarnya.

(Tribunnews.com/ Danang/ Mario/ fersianus)

Editor: Adi Suhendi

Tag:  #megawati #akan #hadiri #pelantikan #prabowo #gibran #pilih #istirahat #karena #kurang

KOMENTAR