Subden Mabes TNI di Merdeka Barat Jadi Posko Operasi Pengamanan VVIP dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden
Deretan mobil mewah Mercedes-Benz S-Class bakal jadi akomodasi tamu penting pada Pelantikan Presiden Prabowo Subianto. (Istimewa)
10:48
18 Oktober 2024

Subden Mabes TNI di Merdeka Barat Jadi Posko Operasi Pengamanan VVIP dalam Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden

 

- Mabes TNI melaksanakan Apel Gelar Pasukan Pengamanan VVIP Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden hari ini (18/10). Untuk memonitor operasi tersebut, mereka menjadikan Subden Mabes TNI di Jalan Merdeka Barat, Jakarta Pusat sebagai posko. 

Keterangan itu disampaikan oleh Panglima Komando Operasi Udara Nasional (Pangkoopsudnas) Marsekal Madya TNI Tedi Rizalihadi. ”Jadi, nanti poskonya itu ada di Merdeka Barat, yang ditunjuk (memimpin) adalah panglima Kogabwilhan I karena wilayah beliau,” ungkap dia. 

Tedi memastikan bahwa TNI AU mendukung penuh operasi pengamanan tersebut. Itu sesuai dengan arahan Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI M. Tonny Harjono. ”Arahan dari panglima TNI dan KSAU, kami mendukung all out,” tegasnya. 

Perwira tinggi bintang tiga Angkatan Udara itu pun mencontohkan cara kerja posko di Subden Mabes TNI Merdeka Barat. Pesawat Boeing TNI AU yang bertugas sebagai angkut intai akan bekerja mengawasi pergerakan di darat. Pesawat tersebut sudah dilengkapi dengan kamera yang bisa menjangkau daratan. 

”Boeing itu ada dari skadron Boeing Intai lengkap dengan kameranya, bisa mengawasi ibu kota selama pergerakan di bawah dan itu bisa dipancarkan. Nanti ada tiga titik. Di Subden Merdeka Barat, kemudian yang kedua di Halim, dan di Kantor Koops Udara Nasional,” imbuhnya. 

 

Editor: Kuswandi

Tag:  #subden #mabes #merdeka #barat #jadi #posko #operasi #pengamanan #vvip #dalam #pelantikan #presiden #wakil #presiden

KOMENTAR