Zainal Arifin Mochtar Curhat Dicap Antek PDIP Usai Tampil di Film Dirty Vote: Saya Punya Baju Merah Tapi Chicago Bulls
Pakar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar alias Uceng saat diskusi film kecurangan Pemilu 'Dirty Vote' di Fisipol UGM, Selasa (13/2/2024). [Suarajogja.id/Hiskia Andika Weadcaksana]
17:28
13 Februari 2024

Zainal Arifin Mochtar Curhat Dicap Antek PDIP Usai Tampil di Film Dirty Vote: Saya Punya Baju Merah Tapi Chicago Bulls

Pakar Hukum Tata Negara Universitas Gadjah Mada (UGM) Zainal Arifin Mochtar alias Uceng curhat setelah menjadi salah satu sosok yang paling disorot akhir-akhir ini. Nama Uceng kini banyak dibicarakan usai terlibat dalam film dokumenter Dirty Vote

Curahan hati ini disampaikan Uceng sekaligus menanggapi berbagai opini liar yang muncul di media sosial, salah satunya tiktok. Setidaknya ada enam hal yang disematkan kepada Uceng usai film itu dirilis ke publik.

"Saya pengen curhat sebenarnya, di tubuh saya sekarang itu ada enam hal di tiktok itu. Ada yang mengatakan ini kerjaan kelompok kiri komunis," kata Uceng saat diskusi film kecurangan Pemilu 'Dirty Vote' di Fisipol UGM, Selasa (13/2/2024).

Kemudian, lanjut Uceng, dirinya turut dilabeli radikal oleh sejumlah kelompok. Tak hanya itu kemudian ada pula yang menyebut Uceng sebagai salah satu kader PDI Perjuangan. 

"Ada yang mengatakan bahwa saya dari PDIP, ini orangnya PDIP. Satu-satunya baju merah yang saya punya adalah Chicago Bulls, kebanyakan baju saya hitam atau biru donker. Enggak ada (merah), saya enggak punya baju merah. Kalau AC Milan merah hitam soalnya, ya kan enggak merah penuh," terangnya.

Selain itu, bahkan disebutkan Uceng, ada oknum lain yang menyebut dia adalah kader PKS.

"Ada yang bilang PKS, walaupun tuduhan PKS itu lebih banyak ke Feri (Amsari) walaupun tuduhan PKS itu lebih banyak ke Feri mungkin karena janggutnya lebih panjang saja," imbuh Uceng disambut tawa peserta diskusi yang hadir.

Kemudian yang kategori disangkutkan kepadanya usai dokumenter karya Dandhy Dwi Laksono ini rilis ke publik adalah terkait keterlibatan Uceng di dalam Tim Percepatan Reformasi Hukum yang saat itu dibentuk oleh eks Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD.

Diketahui Uceng bersama Bivitri Susanti dan Feri Amsari memang sempat tergabung dalam tim tersebut beberapa waktu silam. Menurut Uceng tuduhan itu sama sekali tidak berdasar.

Pasalnya saat ini mantan anggota tim tersebut ada malah yang justru terang-terangan mendukung salah satu paslon capres-cawapres. 

"Ada yang mengatakan kami anak buah Mahfud hanya karena kami terlibat dalam tim reformasi hukum. Saya bisa menyebutkan nama di tim reformasi hukum itu yang sekarang menjadi 02 pembela 02 habis-habisan, enggak enak aja saya sebut namanya. Saya bisa mention namanya di sini siapa orang yang masuk di tim itu yang isi instagram semuanya itu 02 forever dan ini-ini," terangnya.

"Jadi seumpamanya kalau logikanya hanya karena diajak masuk tim itu menjadi bagian dari Mahfud, menurut saya kejauhan," imbuhnya.

Satu hal terakhir yang cukup mengejutkan sekaligus menggelikan adalah Uceng dianggap sebagai adik dari Mahfud MD.

"Satu yang terakhir yang paling luar biasa, saya dibilang adeknya Pak Mahfud. Adik kandung atau adik tirinya," ujar Uceng kembali memecah tawa para pengunjung yang hadir.

Dalam hal ini, Uceng memastikan tim dari Dirty Vote tidak terafiliasi dengan partai politik atau paslon manapun. Sehingga semua tuduhan itu tidak benar.

"Kalau kami punya dukungan 01 atau 03 misalnya, yang turun untuk belain kami 01 dan 03 yang habis-habisan akan bertarung di tiktok, twitter, instagram. Tapi ya memang enggak ada," tandasnya.

Editor: Galih Priatmojo

Tag:  #zainal #arifin #mochtar #curhat #dicap #antek #pdip #usai #tampil #film #dirty #vote #saya #punya #baju #merah #tapi #chicago #bulls

KOMENTAR